Kabupaten Purwakarta Terpilih Jadi Lokasi Pembangunan PLTS Terapung, Ini Progresnya

- 4 Agustus 2021, 15:59 WIB
Tangkapan layar pembahasan pembangungan PLTS terapung Waduk Cirata
Tangkapan layar pembahasan pembangungan PLTS terapung Waduk Cirata /Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Kabupaten Purwakarta, dipilih menjadi lokasi proyek strategis nasional pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung. PLTS tersebut, digadang-gadang menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Serta yang terbesar kedua di dunia. 

Adapun, lokasi PLTS ini berada di tengah-tengah Waduk Cirata. Proyek strategis nasional ini, tentu akan menjadi kebanggaan bagi warga Purwakarta.

Plt Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Purwakarta, Hariman Budi Anggoro, mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah membahas tentang pembangunan PLTS terapung tersebut.  Lokasi bangunan instalasi PLTS ini masuk ke wilayah Kecamatan Maniis dan Tegalwaru. 

"Saat ini, progresnya berjalan sesuai rencana. Yakni, telah memasuki fase konstruksi," ujarnya, Rabu 4 Agutus 2021.

Baca Juga: Lirik dan Chord Denting dari Melly Goeslaw, Lagu yang Viral di TikTok 'Sepiku Rasa Hatiku'

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke 76, Brimob Aceh Patroli dan Bagikan Bendera Merah Putih serta Masker di Lhokseumawe

Untuk fase awal ini, atau fase engineering detail study dan procurement itu sudah dimulai sejak 17 Mei 2021. Sedangkan, kebutuhan areal proyek nasional ini, luasnya mencapai 200 hektare. 

PLTS tersebut, berkapasitas 145 Mega Watt (MW) dan merupakan PLTS terapung pertama di Indonesia. Serta, yang terbesar di Asia Tenggara dan kedua di dunia.

Sampai saat ini, lanjutnya, progressnya sudah lima persen. COD (commercial Operation Date) diharapkan bisa terealisasi November 2022.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini