Manggis, Buah Khas Purwakarta Ini Dikabarkan Bisa Menangkal Virus Covid-19, Benarkah?

- 20 Juni 2021, 19:31 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, saat sedang melihat perkembangan buah manggis
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, saat sedang melihat perkembangan buah manggis /Dok Diskominfo

PURWAKARTA NEWS - Kabupaten Purwakarta, terkenal dengan sebutan kota Satai Maranggi. Tetapi, wilayah ini juga populer dengan buah Manggisnya. Ternyata ratu buah ini, kaya akan manfaat. Salah satunya, dikabarkan bisa menangkal serangan virus Covid-19.

Kepala Program Farmasi Industri, SMK Farmasi Purwakarta, Sitti Sarah Nuraini, mengatakan, buah khas dataran tropis ini diklaim memiliki sejuta manfaat. Salah satunya, untuk menangkal virus yang hinggap di dalam tubuh. 

"Apakah termasuk virus Covid-19? Bisa saja iya. Namun, saat ini belum ada riset ke arah sana," ujarnya, Minggu 20 Juni 2021.  

Baca Juga: Ada Tambahan 13.737 Kasus Baru Covid-19 di Indonesia

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Vaksin COVID-19 yang Digunakan Indonesia sudah Diuji

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan COVID-19, Jawa Barat Tambah 2.400 Tempat Tidur Rumah Sakit

Buah dengan nama latin Garcinia Mangostana ini, memang jenis buah-buahan yang memiliki khasiat menangkal serangan virus. Pasalnya, ratu buah tropis ini, memiliki zat aktif alpha-mangostin.  

Alpha-mangostin merupakan pigmen warna pada kulit buah. Zat tersebut, efektif sebagai antibacericidal, fungicidal dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terbukti juga sebagai antioksidan dan anti-inflamatory.

Sitti tak memungkiri, banyak di antara masyarakat yang tak mengetahui akan khasiat dan kandungan nutrisi dari buah dengan ciri khas warna kulit merah keunguan itu. Padahal, buah ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini