Bupati Anne Ratna Mustika Buka Pelatihan Juru Takar, Wujudkan Tertib Ukur di Purwakarta

- 28 April 2021, 18:28 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menghadiri sekaligus membuka Acara Pelatihan Juru Takar yang bertempat di Hotel Harper Purwakarta, Rabu 28 April 2021.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menghadiri sekaligus membuka Acara Pelatihan Juru Takar yang bertempat di Hotel Harper Purwakarta, Rabu 28 April 2021. /Fajar Maritim

PURWAKARTA NEWS - Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri sekaligus membuka Acara Pelatihan Juru Takar yang bertempat di Hotel Harper Purwakarta, Rabu 28 April 2021

Genap satu tahun UPTD Metrologi Legal Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta berdiri, masyarakat menyadari akan metrologi tidak hanya terasa di kalangan konsumen umum, tetapi juga di kalangan pelaku usaha, salah satunya pelaku usaha migas.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 90 tahun 2020 tentang Juru Ukur, Takar dan Timbang, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah membentuk juru timbang yang dibentuk dari tenaga honorer pasar beserta komunitas ibu-ibu peduli ukuran, takaran dan timbangan yang kami beri nama “CEU ATI” (Cek Ukuran Akurasi Timbangan).

Baca Juga: PLTA Jatiluhur Kembali Raih Penghargaan Zero Accident

CEU ATI telah bekerja membantu unit metrologi legal Kabupaten Purwakarta secara masif dalam mengedukasi masyarakat pelaku UMKM, maupun masyarakat luas agar menyadari akan adanya metrologi.

Peran CEU ATI secara tidak langsung memberikan kontribusi dalam peningkatan pelayanan tera di Kabupaten Purwakarta. Selain dibentuknya juru timbang, mereka terus berinovasi untuk lebih mengoptimalkan terwujudnya tertib ukur di Kabupaten Purwakarta.

Berdasarkan data yang ada di Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian pada bulan April 2021, jumlah SPBU yang ada di Kabupaten Purwakarta sebanyak 73 lokasi yang dikelola oleh Pertamina dan Indo mobil. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 petugas SPBU yang tergabung dalam Hiswana Migas Pertamina.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Ajak Lawan Pandemi dengan Beli Produk UMKM

Kegiatan ini merupakan momentum kebanggaan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta bahwa dalam situasi pandemi Covid-19, Pemerintah bersama Hiswana Migas DPC Purwakarta yang sangat peduli terhadap ukuran dan takaran di pompa ukur BBM dapat menyelenggarakan acara pelatihan juru takar ini.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x