Jatiluhur Valley and Resort Kolaborasikan Konservasi dan Budaya dalam Sunset Imlek In Love

- 12 Februari 2021, 17:03 WIB
Sunset Imlek In Love di Waduk Jatiluhur
Sunset Imlek In Love di Waduk Jatiluhur /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Bertepatan dengan tahun baru Imlek 2572 yang jatuh pada hari ini, Jumat 12 Februari 2021. Jasa Tirta II melalui Jatiluhur Valley and Resort menyelenggarakan kegiatan kolaborasi konservasi di DAS Citarum dan Budaya Nasional melalui pelepasan benih ikan di Waduk Ir. H. Djuanda yang dirangkai dengan pentas seni dan kuliner hingga 14 Februari 2021 mendatang.

Kegiatan ini juga untuk menarik perhatian dan promosi untuk manjadikan Kawasan JVR destinasi ikonik dengan nama, Sunset Imlek in Love. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang sejarah datangnya sejumlah warga tiongkok di peradaban Sungai Citarum, dan untuk memperkaya khasanah budaya Indonesia serta sebagai bentuk pelestarian alam.

Acara yang diselenggarakan di kawasan D’bay Water Sport Center Jatiluhur Valley and Resort ini difokuskan pada tiga rangkaian kegiatan yaitu penebaran benih ikan (restocking) Waduk Ir. H. Djuanda, kuliner hasil ikan tangkap, dan sajian budaya. Berbekal tiga kegiatan tersebut, Jasa Tirta II mengetengahkan kolaborasi program untuk mendukung upaya konservasi alam dan pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Brimob Patroli Sambang Desa dan Bagikan Masker di Blang Mangat Lhokseumawe 

Sementara, kegiatan yang terkait kuliner, merupakan bentuk kepedulian terhadap program konservasi ikan tangkap di perairan Waduk Ir. H. Djuanda dengan membuat salah satu sajian utama berupa olahan ikan bandeng air tawar hasil tangkap nelayan.

Ikan bandeng ini diprediksi adalah hasil penebaran bibit ikan pada periode sekitar tahun 2017-2018 yang sudah mulai bisa ditangkap pada musim tertentu. Penyajian ikan bandeng akan menjadi kekhasan pada momen Tahun Baru Imlek 2572 dan selanjutnya menjadi hidangan khusus atau signature dish di Istora Lake View Cafe and Resto.

Untuk kegiatan konservasi berupa penebaran ikan, pemenuhan sebagian bibit ikan diadakan dari masyarakat sekitar Waduk Djuanda yang sudah mulai membuat pembibitan ikan patin dengan metode bioflok. Jenis ikan lain yang akan ditebar adalah ikan bandeng air tawar dan ikan mas seperti yang dilakukan sejak periode tahun 2017-2018. Konsep ini seiring dengan rencana pengurangan keramba jaring apung yang digantikan dengan ikan tangkap.

Baca Juga: Drama 'Unforgotten' Seri Keempat Akan Segera Rilis, Cek Tanggalnya di Sini!

General Manajer Pariwisata dan Hotel, Dadan Hidayat mengatakan Jatiluhur Valley and Resort memiliki kewajiban untuk selalu mengoptimalkan upaya-upaya kegiatan kampanye konservasi alam dan pelestarian lingkungan dalam setiap kegiatan Pariwisata.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah