Jurus Purwakarta Kembangkan UMKM, Galeri Menong hingga Mobil Promosi

- 26 Januari 2021, 11:42 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada Launching Mobil Promosi UMKM di Galeri Menong Jalan RE Martadinata, Selasa 26 Januari 2021.
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada Launching Mobil Promosi UMKM di Galeri Menong Jalan RE Martadinata, Selasa 26 Januari 2021. /Humas Purwakarta/

PURWAKARTA NEWS - Guna mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyediakan sejumlah fasilitas seperti admin untuk menginput gambar dan spesifikasi produk, aplikasi jual beli online, galeri, memfasilitasi kerjasama dengan ritel hingga menyiapkan kendaraan untuk media promosi.

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) setempat melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pendapatan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

"Secara teknis, kami bisa disebut sebagai reseller produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat yang telah sesuai dengan standar. Seperti standar kemasan atau standar lainnya," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada Launching Mobil Promosi UMKM di Galeri Menong Jalan RE Martadinata, Selasa 26 Januari 2021.

Baca Juga: Dapatkan BST Rp300 Ribu Bagi Pemegang Kartu KIS, Cek Terdaftar di dtks.kemensos.go.id

Ambu Anne juga menyebut, sejumlah galeri yang disebut Galeri Menong juga merupakan bentuk reseller atau tempat jual beli produk UMKM yang disiapkan secara offline oleh Pemkab Purwakarta.

"Galeri Menong merupakan tempat pemasaran produk UMKM di Kabupaten Purwakarta," tuturnya.

Sementara, untuk mengatasi permasalahan pandemi yang belum berakhir dan berpengaruh pada para pelaku UMKM Pemkab juga melakukan sejumlah terobosan, salah satunya meluncurkan mobil UMKM untuk media promosi produk-produk UMKM Purwakarta. Pemkab mencoba berinisiatif mencari solusi dalam upaya pemulihan perekonomian warga.

"Produk-produk meski sedang pandemi tetap harus sampai ke pasar dan konsumen. Jadi, promosinya dilakukan secara mobile menggunakan mobil UMKM ini. Semoga menjadi solusi walau tak maksimal untuk penjualan tapi untuk pemasaran," ujarnya.

Baca Juga: Pastikan Terdaftar Penerima BST Rp300 ribu, Kunjungi dtks.kemensos.go.id

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x