Menhan AS Dipecat Donald Trump usai Bertemu Prabowo

- 10 November 2020, 08:25 WIB
Menhan Prabowo saat bertemu Mark Esper di Washington DC
Menhan Prabowo saat bertemu Mark Esper di Washington DC /kemhan.go.id

PURWAKARTA NEWS - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Menteri Pertahanan Mark Esper.

"Mark Esper telah dihentikan. Saya ingin berterima kasih atas jasanya," tulis Trump lewat akun twitternya, dikutip Selasa 10 November 2020.

Direktur Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional, Christopher Miller ditunjuk sebagai pengganti. Trump menegaskan, penunjukan sudah dikonfirmasi oleh Senat.

Baca Juga: Ratusan Pendukung Rizieq Rela Nginep di Bandara Soetta, Tunggu Kedatangan Sampai Besok

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa Christopher C. Miller, Direktur Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional yang sangat dihormati (dengan suara bulat dikonfirmasi oleh Senat), akan menjadi Penjabat Menteri Pertahanan, berlaku segera," kata Trump.

Hubungan Trump dan Esper semakin renggang pada musim panas lalu saat Esper menolak menggunakan pasukan federal untuk membantu memadamkan kerusuhan di Amerika Serikat. Esper juga disebut memperlambat keinginan Trump untuk penarikan penuh pasukan AS secara cepat dari Afghanistan.

Dalam sebuah surat kepada Trump, Esper merujuk pada upayanya untuk menjaga Pentagon tetap apolitis.

Esper mengatakan dia menjabat sebagai sekretaris pertahanan dan sekretaris Angkatan Darat "dengan keyakinan penuh pada sumpah saya untuk mendukung dan membela Konstitusi, dan untuk melindungi negara dan kepentingannya, sambil menjauhkan Departemen dari politik dan mematuhi nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh orang Amerika," ujarnya dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: 970 Petugas Amankan Kedatangan Rizieq di Bandara Soetta

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Associated Press


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x