Virus Corona Baru di India Menyebar Lebih Cepat

- 8 Mei 2021, 01:52 WIB
Petugas medis merawat pasien yang menderita penyakit coronavirus (COVID-19), di dalam bangsal ICU di Rumah Sakit Keluarga Suci di New Delhi, India, Kamis, 29 April 2021.
Petugas medis merawat pasien yang menderita penyakit coronavirus (COVID-19), di dalam bangsal ICU di Rumah Sakit Keluarga Suci di New Delhi, India, Kamis, 29 April 2021. /REUTERS/Danish Siddiqui

PURWAKARTA NEWS - Para ilmuan mendapatkan bukti bahwa virus corona baru di India sebagai varian yang mengkhawatirkan karena menyebar lebih cepat daripada versi asli virus.

Dilansir dari Antara, ilmuan merekomendasikan varian virus corona yang dikenal sebagai B.1.617.2, ditetapkan sebagai "varian yang menjadi perhatian".

Disebutkan bahwa lebih dari 500 kasus varian tersebut telah dicatat, naik dari 202 kasus minggu lalu.

Baca Juga: Trans Jawa Terpantau Sepi di Hari Kedua Operasi Ketupat 2021

Direktur Wellcome Sanger Institute COVID-19 Genomics Initiative, Jeff Barrett, mengatakan bahwa jumlah kasus B.1.617.2 yang tinggi di Inggris dan di seluruh dunia "konsisten dengan yang satu ini lebih dapat ditularkan daripada versi virus yang lebih lama dari tahun lalu".

"(Ini) mungkin dapat ditularkan seperti varian B.117 Kent yang tersebar luas di Inggris," kata Barrett di radio BBC, mengacu pada varian yang ditemukan di tenggara Inggris yang memicu gelombang kedua COVID-19 di negara itu.

Varian asli India, B.1.617, pertama kali terdeteksi pada Oktober, tetapi PHE telah mengkategorikan tiga subtipe berbeda, semuanya dengan mutasi yang sedikit berbeda.

Baca Juga: Pemerintah Tegaskan WNA dengan Kepentingan Tidak Esensial Dilarang Masuk Indonesia

Varian lain yang menjadi perhatian termasuk varian yang pertama kali diidentifikasi di Kent, Inggris tenggara, serta Afrika Selatan dan Brazil.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x