Pemerintah Afghanistan Minta Bantuan Indonesia untuk Akhiri Konflik dan Ciptakan Perdamaian

- 24 Desember 2020, 16:34 WIB
Jusuf Kalla tiba di Afganistan menggunakan pesawat militer.
Jusuf Kalla tiba di Afganistan menggunakan pesawat militer. /Tim Media JK

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah Afghanistan berharap bantuan Indonesia untuk membantu mengakhiri konflik di negara tersebut dan mewujudkan perdamaian.

Menteri Agama dan Haji Afghanistan Mohammad Qasim Halimi berharap pemerintah Indonesia mau memfasilitasi dialog antara pihak otoritas Afghanistan dan kelompok Taliban.

Mohammad Qasim Halimi menyampaikan langsung permintaan tersebut kepada Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla di Istana Kepresidenan Afghanistan, Char Chenar Palace Kabul, Rabu 23 Desember 2020.

Baca Juga: Haikal Hassan Negatif COVID-19, Segera Digarap Polisi

"Kami ingin Pak JK dan ulama-ulama Indonesia dapat memfasilitasi dialog antara ulama Afghanistan dan ulama Taliban, untuk mengakhiri konflik," kata Halimi sebagaimana dilansir Purwakarta News dari Antara.

Konflik tersebut disebabkan perbedaan antarfaksi di Afghanistan dalam mencari model pemerintahan Islam yang tepat untuk diterapkan di negara berpenduduk 32 juta jiwa tersebut.

"Konflik di Afganistan akibat adanya perbedaan mengenai model pemerintahan Islam mana yang cocok bagi negara kami," kata Halimi.

Pemerintah Afghanistan kekerasan dan aksi saling bunuh antarwarga di negara tersebut terus berlanjut karena perbedaan pendapat.

Baca Juga: Pemerintah Akan Afirmasi Hak Beragama bagi Syiah dan Ahmadiyah

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x