Ilmuan Temukan Peninggalan Prasejarah di Kawasan Ibu Kota Baru

- 1 Juni 2021, 00:23 WIB
Peradaban zaman batu 10 ribu tahun di wilayah Ibu Kota Baru di Kaltim. Foto: PMJ News
Peradaban zaman batu 10 ribu tahun di wilayah Ibu Kota Baru di Kaltim. Foto: PMJ News /

PURWAKARTA NEWS - Berbagai peninggalan prasejarah berhasil ditemukan Tim ilmuwan Arkeologi Nasional (Arkenas) di situs Gua Pangeran di wilayah Karst tak jauh dari wilayah yang akan menjadi ibu kota negara yang baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketua Tim Arkenas Prof Harry Truman Simanjuntak mengatakan pihaknya menemukan berbagai peralatan pra sejarah dari batu, tulang, dan kerang.

Dilansir dari PMJNews, para peneliti menemukannya usai eskavasi atau penggalian secara cermat sejumlah bagian di Gua Pangeran. Alat-alat prasejarah itu di antaranya, tulang yang dibentuk seperti spatula.

Baca Juga: Puncak Kenaikan Kasus Covid-19 pasca Lebaran Diperkirakan Akhir Juni

Simanjuntak menilai temuan itu menunjukkan kemungkinan peradaban manusia telah tinggal di kawasan ujung barat laut Teluk Balikpapan tersebut.

Berdasarkan peralatan yang ditemukan dan lokasi ditemukannya, yaitu di gua karst, diperkirakan berasal dari Zaman Batu atau masa praaksara (sebelum ada huruf dan tulisan) kira-kira 10.000 tahun yang lalu.

Di masa itu manusia masih mengumpulkan makanan dari alam dan masih tinggal di dalam gua-gua.

Baca Juga: Politisi Sudah Banyak, Alumni HMI Didorong Jadi Pengusaha

Menurut Simanjuntak, temuan di Gua Pangeran sangat lengkap karena ada peralatan dari batu, ada yang dari tulang. Alat-alat itu disusun dibuat rapih.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah