Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke Hawaii Optimalkan Budidaya Udang

- 19 November 2020, 22:56 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Hawaii Amerika Serikat.
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Hawaii Amerika Serikat. /[email protected]

PURWAKARTA NEWS - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Amerika Serikat, dalam rangka menyambangi Oceanic Institute di Honolulu, Hawaii, guna memperkuat optimalisasi budidaya udang secara berkelanjutan di Indonesia.

"Selasa malam Pak Menteri bersama pendamping bertolak dan transit dulu di Korea Selatan. Alhamdulillah telah tiba di Los Angeles untuk transit menjalani tes pcr/swab sebagai syarat wajib masuk Hawaii," ujar Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo, Kamis 19 November 2020 dilansir dari Antara.

Ia memaparkan, Oceanic Institute (OI) di Honolulu, Negara Bagian Hawaii, merupakan organisasi penelitian dan pengembangan nirlaba yang fokus pada produksi induk udang unggul, budidaya laut, bioteknologi, dan pengelolaan sumber daya pesisir secara berkelanjutan.

Baca Juga: Langgar Prokes COVID-19, Sudah 13 Ribu Orang Terjaring Razia di Cianjur

Lembaga tersebut telah berafiliasi dari Hawai'i Pacific University (HPU) sejak tahun 2003 lalu.

Menurut Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar, KKP menjalin kerja sama dengan OI lantaran lembaga ini memiliki teknologi dan para ahli yang mumpuni di sektor budidaya berkelanjutan, khususnya spesies udang.

Target dari kerja sama tersebut, lanjutnya, adalah adanya transfer teknologi serta pendampingan teknis di bidang genetika udang dari OI.

Baca Juga: Warga Kabupaten Bogor Ikutan Lomba Senam yuk, Hadiah Rp100 juta Menanti

Selain itu, KKP berharap mendapatkan grand parent stock (GPS) vaname yang dapat menghasilkan induk-induk unggul, yakni tahan salinitas rendah, toleran terhadap penyakit, dan pertumbuhannya cepat.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini