Tiga Juta Vaksin Moderna dari Amerika Serikat Tiba di Indonesia

- 11 Juli 2021, 16:43 WIB
Ilustrasi Vaksin Moderna.
Ilustrasi Vaksin Moderna. /Pixabay/Spencerbdavis1

PURWAKARTA NEWS - Sebanyak tiga juta dosis vaksin Covid-19 Moderna dari Amerika Serikat tiba di Indonesia, Minggu 11 Juli 2021.

Adapun vaksin Moderna akan disuntikkan kepada masyarakat umum dan tenaga kesehatan sebagai dosis ketiga.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dilansir dari Antara.

Baca Juga: Alasan Nakes Disuntik Vaksin Covid-19 untuk Ketiga Kalinya, Tiap Hari Ketemu Virus!

"Rencananya vaksin ini selain kami gunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan kami gunakan untuk booster (penguat) suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia karena mereka mengalami tekanan yang luar biasa terutama dari gelombang kedua dari penularan pandemi ini sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal," kata Menkes Budi.

Budi menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi dukungan dari masyarakat dan pemerintah Amerika Serikat yang mau membantu program vaksinasi di Indonesia dengan mengirimkan bantuan vaksin Moderna yang berbasis mRNA untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Amerika Serikat berkomitmen untuk memberikan bantuan vaksin Moderna sebanyak 4.500.160 dosis vaksin secara bertahap.

Sebagai implementasi dari komitmen itu, dalam pengiriman tahap awal Amerika Serikat mengirimkan sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna dalam bentuk vaksin jadi, pada Ahad, dengan mekanisme berbagi dosis (dose sharing) melalui fasilitas COVID-19 Vaccine Global Access (​Covax).

Dengan datangnya vaksin Moderna itu, maka Indonesia hingga saat ini telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin baik berupa vaksin curah maupun vaksin jadi, yang meliputi vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Shinopharm, dan vaksin Moderna.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x