Kebijakan Stimulus Diklaim Pulihkan Sektor Ketenagakerjaan Akibat COVID-19

- 15 Maret 2021, 23:45 WIB
Menaker Ida Fauziyah.
Menaker Ida Fauziyah. / Instagram.com/ @idafauziyahnu

PURWAKARTA NEWS - Sektor ketenagakerjaan Indonesia berangsur pulih selama masa pandemi Covid-19. Hal ini sebagaimana disebutkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

Menurut Ida, sinyal pemulihan ini muncul seiring dengan langkah pemerintah yang membuat kebijakan stimulus hingga relaksasi pajak dan restrukturisasi kredit.

"Kita bisa lihat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III dan kuartal IV 2020 berangsur membaik meski masih ada di zona minus," ujar Menteri Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin 15 Maret 2021 dilansir dari PMJNews.

Baca Juga: Lagi Asik Main Bola, Angel Di Maria Harus Pulang, Rumahnya Kemalingan

Ida menyebutkan ada 3 sektor ekonomi yang menjadi penyerap tenaga kerja terbanyak selama masa pandemi. Di antaranya pertanian, industri pengolahan dan perdagangan. Ketiga sektor tersebut menunjukkan peningkatan kinerja.

Selanjutnya, kata dia, Purchasing Managers' Index (PMI) Indonesia juga tercatat membaik pada kuartal III 2020, meski angkanya masih terkontraksi. Diprediksi, pada kuartal I 2021, PMI Indonesia akan berada di level 51,14.

"Ini artinya menunjukkan sinyal ekspansi usaha khususnya industri manufaktur membaik," tegasnya.

Baca Juga: Belum Gunakan Vaksin AstraZeneca, Pemerintah Tunggu Keterangan WHO

Seiring meningkatnya ekspansi dunia usaha, index penggunaan tenaga kerja juga diperkirakan meningkat pada triwulan I 2021. Penyerapan tenaga kerja dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) masih terus tumbuh.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini