Banjir Banjarmasin Masuki Hari Keempat Air Belum Surut, Malah Naik

- 17 Januari 2021, 12:58 WIB
Evakuasi korban banjir Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 15 Januari 2021.
Evakuasi korban banjir Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 15 Januari 2021. /Dok. BNPB/

PURWAKARTA NEWS - Banjir yang melanda Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah memasuki hari keempat namun tinggi air tidak juga menurun, malah naik meski tidak ada turun hujan karena kondisi air laut masih pasang dan air kiriman dari hulu.

"Malam tadi selain pasang tinggi juga kiriman air dari hulu dan daerah tetangga sudah mengisi ke sungai-sungai kita," ujar Kabid Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dispupr) Kota Banjarmasin Hizbulwathoni di Banjarmasin, Minggu seperti dilansir dari Antara.

Kota Banjarmasin berada di paling hilir Sungai Martapura, hingga ketika sungai-sungai meluap, air turun ke pemukiman warga hingga banjir makin tinggi.

Baca Juga: Banjir Manado Terjang Sembilan Kecamatan, Enam Orang Meninggal

Menurut Thony, sapaan akrabnya, air laut pasang yang masuk ke seratus lebih sungai-sungai di Kota Banjarmasin, dengan intensitas yang masih sama dengan hari kemarin Sabtu 16 Januari 2021

"Kalau pasang tingginya diprediksi hingga besok Senin 18 Januari 2021, lalu akan berangsur-angsur menuju pasang normal, kita perkirakan tanggal 21 Januari pasangnya sudah normal," ujarnya.

Yang belum bisa diprediksi, ungkap Thony, adalah air kiriman dari bagi hulu Sungai Martapura, di mana daerah tetangga bagian hulu seperti Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan daerah Banua enam sedang mengalami banjir parah.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini dan Rombongan Diguncang Gempa Susulan di Mamaju, Langsung Berhamburan ke Luar

"Nah, air banjir dari daerah hulu itu yang kita tidak tahu sampai kapan berakhirnya, sehingga kita tetap waspada," paparnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x