Pemerintah Siap Gelontorkan Rp73 Triliun dalam Pengadaan Vaksin COVID-19 Berbagai Merek

- 24 Desember 2020, 22:55 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto //Twitter @airlangga_hrt///

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah menyediakan anggaran pengadaan vaksin COVID-19 mencapai Rp73 triliun. Hal ini sebagaimana diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kata Airlangga vaksinasi COVID-19 akan dilakukan pada 2021. Dari vaksinasi tersebut ditarget herd imunity 70 persen.

"Itu merupakan antisipasi pemerintah yang jelas terhadap kehadiran pemerintah untuk pengadaan vaksin agar masyarakat seluruhnya bisa dicapai herd imunity 70 persen," kata Airlangga dalam bincang-bincang daring bertajuk "Outlook 2021" di Jakarta, Kamis 24 Desember 2020 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Bambang Soesatyo Puji Polri Berhasil Gagalkan Penyelundupan 201 Kilogram Sabu untuk Biaya Teroris

Dari anggaran yang mencapai Rp73 triliun tersebut, vaksin yang disediakan beragam merek, yang salah satunya sudah tiba di Indonesia adalah produk Sinovac dari China sebanyak 1,2 juta dosis vaksin jadi.

Airlangga mengungkapkan pada Januari 2021 juga tiba 1,8 juta dosis vaksin jadi Sinovac dan menyusul 15 juta dosis vaksin berbentuk bahan baku.

Sementara saat ini pemerintah sedang menunggu izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk emergency use authorization.

Airlangga menjelaskan sebelum mengeluarkan izin, BPOM harus melengkapi hasil uji klinis lain yang dilakukan di negara lain.

Baca Juga: Pemerintah Afghanistan Minta Bantuan Indonesia untuk Akhiri Konflik dan Ciptakan Perdamaian

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x