Menkop UKM Teten Masduki: UU Ciptaker Momentum UKM Naik Kelas

- 24 November 2020, 23:07 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki/ Pikiran Rakyat
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki/ Pikiran Rakyat /

PURWAKARTA NEWS - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menilai hadirnya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Ciptaker merupakan momentum untuk menumbuhkan dan menambah jumlah pelaku usaha kecil dan menengah sebagai upaya menaikkan kelas pelaku usaha mikro.

Teten mengatakan bahwa PR besar saat ini adalah bagaimana sekarang bisa menciptakan lapangan kerja dan yang eksisting saat ini 99 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM.

"Maka dari itu saya menyebut bahwa penerima manfaat utama dari UU Ciptaker adalah UMKM. Tinggal kita memang buktikan apakah memang dengan UU Ciptaker ini kita bisa melakukan scaling up terhadap usaha kecil dan menengah agar semakin banyak dan besar, supaya usaha mikro yang dikategorikan sebagai ekonomi subsisten semakin lama semakin berkurang," ujar Menkop UKM dalam seminar daring di Jakarta, Selasa 24 November 2020 dilansir Antara.

Baca Juga: Jaksa Agung Burhanuddin Minta Koruptor Dimiskinkan Supaya Jera

Kalau usaha kecil dan menengah tidak bertambah atau naik kelas, serta usaha besar juga tidak tumbuh maka setiap tahun Indonesia akan menambah jumlah pelaku usaha mikro.

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki jumlah angkatan kerja sekitar 3 juta per tahun, dan kalau angkatan kerja ini tidak diserap di sektor formal maka jumlah angkatan kerja tersebut bisa menjadi pelaku usaha mikro semua.

"Dengan demikian persaingan usaha di level mikro akan semakin besar dan berat, karena itu kita perlu mendorong strategi bagaimana usaha kecil dan menengah tumbuh serta juga bertambah," kata Teten.

Baca Juga: Gubernur Jabar Sambut Kapolda Baru, Optimis Akan Banyak Terobosan

semua pihak mengetahui bahwa UU Ciptaker memberikan manfaat begitu besar bagi UMKM untuk tumbuh berkembang, dan ini dinilai sebagai sebuah kemajuan dalam regulasi di mana pemerintah memberikan dukungan atau komitmen politik yang sangat besar untuk mendorong UMKM kita tumbuh pesat.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

x