Catat! 6 Juli 2021 akan Terjadi Aphelion, Fenomena Alam Apakah Itu?

- 5 Juli 2021, 09:09 WIB
Ilustrasi Aphelion
Ilustrasi Aphelion /Instagram/@lapan_ri

PURWAKARTA NEWS - Lapan RI dalam akun media sosial resminya, belum lama ini merilis soal aphelion. Aphelion akan terjadi pada Selasa besok, 6 Juli 2021. Fenomena apakah itu? Aphelion, merupakan fenomena bumi berada pada titik terjauh dengan matahari.

Aphelion tahun ini, terjadi besok, pada pukul 05.27 WIB, atau 06.27 WITA atau 07.27 WIT. Besok, jarak antara bumi dan matahari dipredikai mencapai 152.100.527 kilometer. Jarak itu, merupakan titik terjauh.

Secara umum, tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi. Suhu dingin pada pagi hari yang terjadi belakangan ini, dan nanti sampai dengan Agustus merupakan hal biasa terjadi.

Baca Juga: Tips Memilih Hewan Kurban Ala Dinas Peternakan Kabupaten Purwakarta

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 5 Juli 2021, Aldebaran Beberkan Bukti Pembunuhan Roy Dihadapan Nino

Baca Juga: Harmoko, Mantan Menteri Penerangan Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Soebroto

Terutama saat musim kemarau. Kondisi itu, dikarenakan tutupan awan yang sedikit. Sehingga, tidak ada panas dari permukaan bumi (yang diserap dari cahaya matahari dan dilepaskan pada malam hari) yang dipantulkan kembali ke permukaan bumi oleh awan.

Mengingat, posisi matahari saat ini berada di belahan utara. Maka, tekanan udara di sebelah utara lebih rendah dibandingkan dengan dibelahan selatan yang sedang mengalami musim dingin.

Oleh karenanya, angin akan bertiup dari selatan ke arah utara. Saat ini, angin yang bertiup dari arah Australia yang sedang mengalami musim dingin.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah