Ini Cara Mudah Budidaya Kunyit Putih yang Mulai Dilirik Pasar Luar Negeri

- 31 Maret 2021, 11:03 WIB
Minum rempah Kunyit setiap hari bermanfaat untuk kesehatan.
Minum rempah Kunyit setiap hari bermanfaat untuk kesehatan. /Pixabay

PURWAKARTA NEWS - Ide bisnis yang satu ini bisa anda lakukan untuk menambah penghasilan, yaitu budidaya kunyit putih. Kunyit putih ini mulai banyak dilirik oleh kalangan petani.

Pasalnya, seperti dibeberapa daerah Jawa Timur seperti Kabupaten Blitar dan Ponorogo merupakan penghasil dan pengekspor kunyit terbesar.

Keuntungan yang didapatkan juga tidak tanggung-tanggung, mereka mampu mengantongi laba hingga ratusan juta rupiah untuk satu kali panen.

Dikutip Purwakarta News dari ringtimesbayuwangi.com berikut merupakan metode dan teknik perawatan kunyit putih yang dapat anda terapkan:

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Kunyit Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Pembibitan

Cara pertama yang dilakukan untuk budidaya kunyit putih adalah melakukan pembibitan. Bibit yang baik diambil dari potongan rimpang kunyit yang segar, sehat, dan bebas dari bibit penyakit. Cara memperoleh bibit dapat dilakukan dengan memotong rimpang sama panjang. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dengan teliti untuk memperoleh bibit yang sehat dan berkualitas, antara lain:

Memotong rimpang sama panjang satu sama lain, yaitu sekitar 5-7cm dan berat 20-30gram tiap rimpang.

Bibit kunyit diangin-anginkan di tempat teduh dan lembab selama kurang lebih 1,5 bulan. Proses ini dapat dilakukan menggunakan jerami padi.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Ringtimesbanyuwangi.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x