Gong Xi Fa Chai Ternyata Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru, Ini Dia Ucapan-ucapan di Perayaan Imlek

- 12 Februari 2021, 00:18 WIB
Ilustrasi kartu ucapan Selamat Imlek 2021
Ilustrasi kartu ucapan Selamat Imlek 2021 /Dương Nhân/Pexels/

PURWAKARTA NEWS - Ucapan Gong Xi Fa Chai sangat familiar saat perayaan Tahun Baru Imlek. Setiap perayaan Imlek, ungkapan Gong Xi Fa Chai tersebar luas baik dalam ucapan di media sosial, dalam pesan yang dikirim melalui WhatsApp, dalam spanduk yang bertengger di sejumlah pusat perbelanjaan dan fasilitas umum, hingga tayangan di media massa.

Secara umum ungkapan Gong Xi Fa Chai dipergunakan untuk mengucapkan selamat hari Tahun Baru Imlek. Di Indonesia sendiri, Gong Xi Fa Chai sudah melekat dengan Imlek.

Namun tahukah kamu jika Gong Xi Fa Chai ternyata memiliki arti Selamat dan Sejahtera. Artinya Gong Xi Fa Chai bukan ucapan Selamat Tahun Baru.

Baca Juga: ShopeePay Super Online Deals Hadir Meriahkan Momen Imlek di Rumah

Baca Juga: Alasan Mengejutkan Mengapa Pernak-Pernik Imlek Berwarna Merah

Bila dilihat dari sisi sejarah, Gong Xi Fa Chai terdiri dari dua frasa. Frasa pertama Gong Xi merupakan ungkapan selamat kepada masyarakat Tiongkok di zaman dahulu. Ucapan selamat ini diucapkan karena penduduk berhasil selamat dari teror binatang buas bernama Nian.

Frasa kedua Fa Chai yang berarti sejahtera atau makmur diucapkan karena penduduk Tiongkok berhasil melewati masa-masa sulit. Filosofi Fa Chai adalah semangat penduduk Tiongkok menyambut kesejahteraan.

Pada praktiknya, ucapan Gong Xi Fa Chai dipakai oleh anak-anak saat menerima ang pau atau menukar kado ketika perayaan Imlek.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek, dari Mitos Monster Sampai Larangan Mandi

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini