Berbagai Bentuk Zakat Fitrah yang Bisa Anda Keluarkan

- 14 April 2023, 09:32 WIB
Berbagai Bentuk Zakat Fitrah yang Bisa Anda Keluarkan
Berbagai Bentuk Zakat Fitrah yang Bisa Anda Keluarkan /Pexels/

PURWAKARTA NEWS - Zakat al-fitr atau zakat fitrah yaitu zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa, baik perempuan atau lelaki muslim. Zakat ini biasanya dilakukan ketika bulan Ramadan pada Idul Fitri.

Dilansir dari Baznas, hal ini sesuai dengan hadits Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu,

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim, baik hamba sahaya ataupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkannya dilaksanakannya sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” Hadits Riwayat Bukhari Muslim.

Baca Juga: Berharap BUMDes jadi Motor Penggerak Ekonomi Desa, Anne Ratna Mustika: Harus Betul-betul Dikelola dengan Baik

Zakat al-fitr, setelah menunaikan ibadah di bulan suci bukan hanya untuk mensucikan diri tapi bisa pula kita maknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu.

Macam-macam Bentuk Zakat Fitrah

Untuk besaran zakat fitrah sesuai yang ditetapkan adalah 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok. Hal tersebut berdasarkan SK Ketua Baznas No.07 Tahun 2023 bagi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mengenai Zakat Fitrah dan Fidyah. Berikut ini macam-macam bentuk zakat fitrah

Zakat dengan beras

Bagi Anda yang memutuskan untuk berzakat menggunakan makanan pokok, terdapat tips dalam memilih beras yang baik di mana akan digunakan untuk berzakat.

Baca Juga: Berharap BUMDes jadi Motor Penggerak Ekonomi Desa, Anne Ratna Mustika: Harus Betul-betul Dikelola dengan Baik

Di sini, Anda diharuskan untuk memperhatikan usia atau umur simpan beras sesuai dengan jenis berasnya. Umur simpan untuk beras putih sebaiknya sekitar 2 tahun, sedangkan umur simpan beras cokelat yakni selama 3 hingga 6 bulan.

Selain itu, perhatikan pula apakah terdapat kutu beras atau tidak, bentuk butiran beras, warna beras, aroma beras serta kelembapan beras.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x