Jangan Salah Memahami, Ini Penjelasan Dalil Tentang Islam yang akan Terpecah Kadalam 73 Golongan

- 5 Juli 2022, 01:37 WIB
ILUSTRASI - Jangan Salah Memahami, Ini Penjelasan Dalil Tentang Islam yang akan Terpecah Kadalam 73 Golongan
ILUSTRASI - Jangan Salah Memahami, Ini Penjelasan Dalil Tentang Islam yang akan Terpecah Kadalam 73 Golongan /Ade Kurniawan

PURWAKARTA NEWS - Banyak riwayat Hadist yang mengatakan bahwa kelak umat Nabi Muhammad SAW akan terpecah menjadi 73 golongan, dan yang selamat hanya ada satu golongan.

Sebelum ke pembahasan yang lebih jauh, kita harus faham dulu apa yang di maksud dari umat Islam yang terpecah menjadi 73 golongan itu.

Jangan sampai kita tidak memahaminya, sehingga kita dengan mudah meng-kafirkan orang lain karena berbeda dengan kita.

Baca Juga: Menghabiskan Libur Idul Adha di Ketinggian Gunung Galunggung, Tempat Wisata

Maka pada kesempatan ini, kami akan membedah mengenai maksud dari terpecahnya Umat Islam kedalam 73 golongan yang di sebutkan di atas.

Baca Juga: 50 Kata-kata Bijak Islami dari Para Tokoh Islam yang Mencerahkan

Dalam Hadist Hadist Imam Tirmidzi mengatakan :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِفْتَرَقَ الْيَهُوْدُ عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَتَفَرَّقَتِ النَّصَارَى عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِيْ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً.

"Dari Abu Hurairah RA, iya berkata "Rosulallah SAW bersabda, "kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan, dan Kaum Nasrani telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan, dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan." (HR Tirmidzi).

Halaman:

Editor: Solahudin

Sumber: Berbagai Sumber nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x