Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat 1 Ramadan Pada Kamis 12 April Mendatang

- 1 April 2021, 16:07 WIB
Ilustrasi melihat hilal. Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan Sidang Isbat menentukan 1 Ramadhan 1442 H pada 1 April 2021.
Ilustrasi melihat hilal. Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan Sidang Isbat menentukan 1 Ramadhan 1442 H pada 1 April 2021. /unsplash.com/Razvan Mirel/

PURWAKARTA NEWS - Kementerian Agama (Kemenang) melalui Dirjen Bimas Islam bakal menggelar sidang isbat penetuan 1 Ramadan 1442 Hijriyah pada Kamis 12 April 2021 mendatang. Sidang isbat kali digelar seca daring dan luring.

"Insha Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi Covid-19, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes)," tutur Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dikuti Purwakarta News dari PMJ News.

Dikatakannya, adapun jumlah peserta yang hadir bakal dibatasi sesuai ketentuan prokes pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Polri Diminta Tingkatkan Pengawasan Objek Vital pasca Teror Bom Makassar

Kemudian, beberapa di antara peserta hanya boleh berpartisipasi melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

Sidang isbat akan diawali dengan seminar posisi hilal awal Ramadan dan pelaksanaan rukyatul hilal. Secara hisab, posisi hilal awal Ramadan 1442 H sudah di atas ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit.

Berikutnya, hasil hisab ini kemudian dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kemenkes Umumkan Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Ketiga Bakal Dimulai Juni-Juli 2021

"Di Jakarta, rukyatul hilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol," jelasnya menambahkan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini