Kemenag Akan Bangun PTKI Pendidikan Vokasi

- 13 Maret 2021, 08:29 WIB
Kantor Kemenag RI
Kantor Kemenag RI /Sumber Kemenag.go.id

PURWAKARTA NEWS - Menjawab kebutuhan masyarakat dalam membangun pendidikan vokasi yang kini tengah digandrungi, Kementerian Agama (Kemenag) berencana membangun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

"Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memiliki tugas besar, yaitu mengokohkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan membuka politeknik atau pendidikan vokasi yang bisa dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat," papar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, yang dilansir dari AntaraNews, pada Sabtu, 13 Maret 2021.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Brimob Polda Aceh Semprot Rumah Ibadah

Diketahui, saat ini ada 44 politeknik negeri yang berkembang di Indonesia, tetapi belum ada satupun yang berada di bawah koordinasi Kementerian Agama.

Maka dalam memenuhi permintaan pasar, Kemenag mesti harus memikirkan keterampilan atau keahlian peserta didik agar dapat berkembang, salah satunya dengan membangun pendidikan vokasi.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV 13 Maret 2021: Ada Serial FTV, Love Story The Series, Samudra Cinta dan The Sultan

“Pendidikan vokasi bisa dijadikan opsi untuk meluaskan jangkauan keilmuan. Di samping itu, ada baiknya untuk tidak melupakan pondasi akar keilmuan dan hakikat kehadiran PTKI yaitu untuk menghadirkan pendidikan agama,” katanya.

Menurutnya, ada empat disiplin kelimuan yang akan menjadi fokus politeknik pada PTKI yaitu di sektor kuliner, tata busana (fesyen), seni, dan pariwisata. Menurutnya, keempat disiplin tersebut sangat penting, mengingat perkembangan dan minat pasar begitu besar.

Baca Juga: Transformasi Ekonomi Digital, Menkominfo Berinisiatif Selengarakan ASEAN Creative Economy Business Forum

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah