Keren Banget, Pria Ini Bisa Membuat Miniatur Lokomotif KA Mirip Aslinya

- 17 November 2020, 12:01 WIB
Jaenudin saat memperlihatkan hasil miniatur lokomotif KA buatannya.*
Jaenudin saat memperlihatkan hasil miniatur lokomotif KA buatannya.* /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Berawal dari rasa kecintannya terhadap dunia lokomotif, seorang pria bernama Jaelani (36) warga Kampung Babakan Amil, RT 47/03 Keluarga Nagri Kidul, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta terampil membuat miniatur lokomotif kereta api (KA) mirip seperti aslinya.

Tidak hanya itu, dari keahlian yang ia pelajari secara otodidak tersebut, Jaelani membuat miniatur lokomotif dengan menggunakan bahan baku sederhana dan mudah didapat.

"Pertama kali membuat miniature lokomotif kereta itu pada tahun 2017, dengan bahan dari dua bekas mie instan, namun gagal. Setelah itu saya membuat dengan bahan lain yakni PVC, alhamdulillah berhasil," ucap pria yang akrab disapa Jae, Senin 16 November 2020.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini, Selasa 17 November 2020: Ada Ikatan Cinta dan Indonesian Idol Audisi

Baca Juga: Jadwal Acara Trans 7 Hari Ini, Selasa 17 November 2020: Ada Jejak Petualang dan OVJ

Bahan dan alat untuk membuat miniatur lokomotif KA, diungkapkan Jae, dirinya hanya memerlukan alat sederahana seperti gergaji besi, cutter serta gunting berukuran sedang. Sementara utuk bahan, Jae menggunakan lembaran polivinil klorida (pvc), sticker cat, lalu dipotongnya sesuai ukuran lokomotif KA seperti berskala 1:80.

Miniatur lokomotif kereta api (KA) sepanjang sekitar 45 sentimeter itu didominasi warna putih. Di beberapa bagian, terdapat corak merah dan biru dengan jendela hitam dan lampu di bagian depan membuat tampilannya makin menyerupai bentuk asli lokomotif KA.

Sebagai referensi, ia mengaku melihat sejumlah model lokomotif KA tersebut dari internet.

"Tidak ada yang mengajari, saya melihat gambar dari internet. Kemudian saya langsung membuat miniatur lokomotif dengan memotong PVC dan menggunakan alat seadanya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini