Keren, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Sukses Kembangkan Budidaya Melon

- 16 Maret 2022, 13:32 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, Ustad Agus Aliyudin saat memanen Melon hasil budidaya para santri.
Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, Ustad Agus Aliyudin saat memanen Melon hasil budidaya para santri. /Tim Purwakarta News/

PURWAKARTA NEWS- Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien yang berada di Kampung Babakan Tugu, Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta sukses kembangkan budidaya buah melon.

Budidaya yang dikembangkan sejak tahun 2021 lalu itu mampu menggerakkan dan mengembangkan perekonomian di lingkungan pesantren.

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, Ustad Agus Aliyudin mengatakan, budidaya melon dipesanyrennya itu berjenis Inthanon (Gold Emperald) dengan menggunakan teknik green house modern di lahan seluas 500 meter persegi.

Baca Juga: Main Cat Trap Via Google Chrome, Ini Link Main Game yang Viral di TikTok by Llerah

Pria berusia 38 tahun itu bercerita, awal mula budidaya buah melon tersebut terinspirasi dari komunitas himpunan ekonomi bisnis pesantren (Hebitren) se Jawa Barat. Komunitas tersebut dipelopori oleh pesantren Al-ittifaq Bandung.

Kemudian, lanjut Agus, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien bekerja sama dan mendelegasikan sejumlah santri untuk mengikuti pelatihan budidaya buah melon di Pesantren Al Ittifaq. Hingga sekarang mendapat amanah untuk ikut mengembangkan.

"Awalnya ide pertanian ini muncul setelah melihat pondok pesantren Al-ittifaq Bandung yang sukses budidaya berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Setelah itu kami diberikan kepercayaan, untuk ikut mengembangkan budidaya buah melon ini," ucap Ustad Agus saat ditemui di green house modern Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien pada Rabu 16 Maret 2022.

Baca Juga: PIP Madrasah Cair Maret 2022 Ini Penjelasan PIP dan KIP Madrasah, MI, MTs dan MA

Ia menyebut, untuk permodalan ini berasal dari pinjaman Bank Indonesia, kemudian peran Pondok Pesantren Al-ittifaq sendiri yakni edukasi dan pemasaran hasil dari pertanian.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini