Terus Meningkat, Angka Kepesertaan BPJS Kesehatan Warga Purwakarta Mencapai 90,73 Persen Total Penduduk

- 19 Januari 2022, 13:30 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. /Diskominfo Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Warga Kabupaten Purwakarta yang menjadi peserta BPJS Kesehatan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tercatat, pada Desember 2020 angkanya mencapai 89 persen. Sedangkan pada Desember 2021 lalu, angka kepesertaan BPJS Kesehatan warga Purwakarta mencapai 90,73 persen dari total jumlah penduduk.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika usai menggelar Rapat Koordinasi bersama jajaran BPJS Kesehatan Cabang Purwakarta dan Karawang, di Bale Nagri Pemkab Purwakarta pada Rabu, 19 Januari 2022.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Wisata Religi di Purwakarta

"Meningkatnya antusias warga Purwakarta untuk ikut BPJS Kesehatan, juga karena memang selama ini jajaran pemerintah daerah turut konsen untuk mendorong masyarakat yang belum tercover asuransi kesehatan. Bahkan, khusus warga kurang mampu pemerintah daerah sudah mengalokasikan anggaran agar tercover jaminan kesehatan," kata Ambu Anne.

Salah satunya, dengan memfasilitasi masyarakat yang belum tercover asuransi kesehatan supaya bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dalam hal ini, pemerintah yang membayarkan premi BPJS mereka menggunakan APBD.

Ikhtiar jajaran Pemkab Purwakarta di sektor kesehatan, diantaranya yakni melalui program jaminan kesehatan gratis masyarakat. Caranya dengan membantu membayarkan premi bagi warga yang belum ikut kepesertaan atau tercover BPJS.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Serial Kartun Upin dan Ipin, Alur Cerita yang Disajikan Kisah Nyata?

"Jadi hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi antara pemerintah daerah bersama dengan BPJS Kesehatan Cabang Purwakarta dan Karawang. Rakor ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember lalu, tetapi karena berbagai macam hal baru kita melaksanakan pada hari ini," kata Ambu Anne.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah