Bale Indung Rahayu, Wisata Edukasi Kebudayaan Sunda di Purwakarta

- 18 Desember 2021, 10:36 WIB
Pemandu Bale Indung Rahayu menunjukan ungkapan orang Sunda yang sering mengiringi seorang ibu ketika hamil dan melahirkan/ Tim Purwakarta News
Pemandu Bale Indung Rahayu menunjukan ungkapan orang Sunda yang sering mengiringi seorang ibu ketika hamil dan melahirkan/ Tim Purwakarta News /

PURWAKARTA NEWS - Kabupaten Purwakarta selain memiliki sejumlah tempat wisata alam, wisata kuliner hingga religi juga memiliki tempat wisata edukasi kebudayaan Sunda dan perjalanan hidup manusia yang dikemas secara digital.

Wisata edukasi tersebut bertempat di Bale Indung Rahayu berlokasi di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta Kota.

Para wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan mengetahui tentang proses kelahiran manusia dan peran seorang ibu dalam merawat anak-anaknya dengan sentuhan budaya Sunda.

Baca Juga: Ramalan Shio Kuda, Kambing, dan Monyet Sabtu, 18 Desember 2021: Sifat Keras Kepala Dapat Merugikan Anda

Kehidupan dan perjalanan hidup manusia di alam Sunda ditampilkan secara apik melalui seni relief, lukisan, pahat, dan bangunan.

Salah seorang pemandu Bale Indung Rahayu, Sahdan Mulya Nugraha mengatakan, di dalam ruangan terdapat banyak kisah, dimulai dengan cerita ungkapan Sunda yang sering mengiringi seorang ibu ketika hamil dan melahirkan.

"Kemudian masuk ke bale kedua ketika anak sudah lahir, fase anak bermain, beranjak dewasa hingga terakhir ke bale setelah meninggal," ujarnya, Jumat 17 Desember 2021.

Baca Juga: Lama Bercerai dari Song Joong Ki, Wawancara Lama Song Hye Kyo Soal Momongan Jadi Perbincangan

Selain itu, di dalam ruangan ini juga diisi dengan sejumlah permainan anak khas Sunda tempo dulu. Bentuk berupa lukisan, foto hingga beberapa bentuk fisik yang bisa dimainkan seperti congklak.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x