APBD Perubahan, Pemerintah Diminta Prioritaskan Anggaran Pemulihan Ekonomi

- 24 September 2021, 18:58 WIB
Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Purwakarta, Awenk Wahyudin
Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Purwakarta, Awenk Wahyudin /KNPI Purwakarta/

PURWAKARTA NEWS - Tahun 2021 menjadi masa yang penting dalam proses akselerasi pemulihan ekonomi masyarakat dari dampak pandemi Covid-19, sekaligus menjadi momentum untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan untuk menyiapkan pondasi yang kokoh dalam rangka melaksanakan transformasi ekonomi menuju daerah yang maju dengan visi Purwakarta Istimewa.

Demikian disampaikan Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Purwakarta, Awenk Wahyudin dalam agenda diskusi tentang Strategi Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Sekretariat Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) di Jalan RE Martadinata, Jumat 24 September 2021.

Menurutnya, Pemerintah Daerah mempunyai peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi nasional. Pemda memahami struktur ekonomi daerah, demografi, dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya.

Baca Juga: PON XX: Tim Polo Air Jabar Menang Telak Atas Tuan Rumah Papua, Dengan Skor 22-7

Di samping itu, kebijakan APBD dapat disinergikan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di daerah.

Di sisi lain, DPRD sebagai lembaga wakil rakyat juga harus mendorong agar pembahasan-pembahasan RAPBD baik murni maupun perubahan juga dapat membuat skala prioritas. Salahsatunya berkaitan dengan program pemulihan ekonomi masyarakat.

"Hari ini, pemulihan ekonomi dari dampak pendemi sangat ditunggu-tunggu oleh rakyat. Jangan sampai, dalam pembahasan APBD dimaksud, DPRD hanya jadi stempel pemerintah saja. Jangan sampai ada kesan seolah meraka tidak ikut terdampak," kata Awenk, yang juga Mantan Ketua Umum PMII Cabang Purwakarta itu.

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Nonton Squid Game yang Membuat Anda Melongo

Aktivis yang juga menjabat sebagai Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta itu juga mengatakan, masyarakat dan pelaku usaha termasuk UMKM juga mempunyai peran yang strategis dalam mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat, baik dalam skala lokal maupun nasional.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x