KEREN! 526 SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta Serentak Tanam Bambu 

- 8 September 2021, 11:28 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto, mempelopori tanam bambu serentak tingkat SD dan SMP
Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto, mempelopori tanam bambu serentak tingkat SD dan SMP /Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, melansir, 526 sekolah jenjang SD dan SMP menanam pohon bambu secara serentak, Rabu 8 September 2021. Hal ini, dalam rangka ikhtiar merawat dan melestarikan kekayaan alam serta membangun keseimbangan ekosistem lingkungan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, mengatakan, dengan menanam bambu maka instansinya berupaya membangun pembelajaran yang aplikatif. Apalagi, bambu merupakan tanaman yang harus dijaga kelestariannya. Lantaran, memiliki segudang manfaat.

"Alhamdulillah, secara serentak pada hari ini seluruh sekolah sudah menanam pohon bambu," ujar Purwanto, kepada Purwakarta News.

Baca Juga: Lima Minuman Enak Ini Ternyata Mampu Turunkan Kolesterol Jahat, Yuk di Cek!

Baca Juga: 1 tahun Anniversary, Komunitas Coffee Jahat Santuni Anak Yatim

Menurutnya, gerakan menanam tersebut, tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan No 522.21/2927/Disdik tanggal 30 Agustus 2021 tentang Himbauan Penanaman Pohon Bambu di Satuan Pendidikan.

Pelajar SMP 2 Pasawahan tanam pohon bambu di lingkungan sekolah
Pelajar SMP 2 Pasawahan tanam pohon bambu di lingkungan sekolah SMPN 2 Pasawahan

Indonesia, lanjut Purwanto, merupakan negara kaya raya berbagai jenis bambu. Menurut literatur, ada 88 jenis bambu endemik di Indonesia dari 159 spesies. Saat ini, ada 1.250 spesies yg ada di Indonesia. 

Bambu-bambu ini, harus dikonservasi serta dikenalkan pada generasi penerus bangsa. Maka sekolah adalah lembaga yang paling tepat. Apalagi di Purwakarta sekarang sedang mengembangkan program tatanen di Bale Atikan.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini