Belasan PONED Berdiri di Purwakarta, Bermanfaat bagi Keselamatan Ibu dan Bayi

- 15 Januari 2021, 10:46 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meninjau fasilitas PONED. Sudah tersedia 12 fasilitas PONED di wilayah Purwakarta yang bermanfaat bagi Bermanfaat bagi Keselamatan ibu dan bayi.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meninjau fasilitas PONED. Sudah tersedia 12 fasilitas PONED di wilayah Purwakarta yang bermanfaat bagi Bermanfaat bagi Keselamatan ibu dan bayi. /Humas Purwakarta/

PURWAKARA NEWS - Pemerintah Daerah Purwakarta terus meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di wilayahnya. Salah satunya bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi yang baru lahir.

Langkah yang diambil adalah dengan membangun fasilitas Pelayanan Obstrectic Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di fasilitas-fasilitas kesehatan yang telah tersedia. Kini sudah ada 12 fasilitas PONED di wilayah Purwakarta.

"Pada hari Kamis lalu, saya bersama jajaran terkait meresmikan gedung pelayanan PONED Puskesmas Jatiluhur," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Jumat 15 Januari 2021.

Baca Juga: Terapkan SIPD, Purwakarta Semakin Transparan dan Smart Governance

Menurutnya, pelayanan ini dilaksanakan di Puskesmas Induk dengan pengawasan dokter, serta menerima rujukan dari tenaga dan fasilitas kesehatan di tingkat desa ataupun masyarakat yang ingin merujuk ke rumah sakit.

"Nantinya Puskesmas ini akan melayani pasien rawat inap serta penanganan kegawatdaruratan yang siaga selama 24 jam," tuturnya.

Ambu Anne berharap upaya ini mampu meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Dan juga mampu menangani kasus kegawatdaruratan obstrectic dan neonatal di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: CVR pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Masih Dicari

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan, pembangunan PONED ini untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x