Pandemi Covid Tidak Halangi Proyek Amazon Web Service Buka Pusat Data di Indonesia

- 3 November 2020, 09:33 WIB
Ilustrasi. (Amazon.com)
Ilustrasi. (Amazon.com) /

PURWAKARTA NEWS - Layanan berbasis cloud computing milik Amazon, Amazon Web Service (AWS), tetap pada rencananya untuk membuka pusat data atau data center di Indonesia pada akhir 2021, meski saat ini tengah dalam pandemi COVID-19.

"Kami masih sesuai jadwal untuk meluncurkan pangkalan data ataupun data center ini di Indonesia sesuai dengan announcement di akhir tahun depan 2021," ujar Country General Manager Indonesia AWS, Gunawan Susanto, dalam media briefing virtual, Senin 2 November 2020 dilansir Antara.

Pembangunan pusat data tersebut, menurut Gunawan, memberikan signifikan masuknya investasi ke Indonesia, yang tentunya disertai dengan penyerapan tenaga kerja juga program yang dilakukan oleh AWS.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas Kabul Lagi Belajar Ditembakin, 22 tewas

Salah satu program AWS, Gunawan menjelaskan, dengan menjalin kerjasama bersama komunitas pengembang atau developer di Indonesia, untuk mengadakan berbagai program pelatihan, sehingga developer diharap mempunyai akses ataupun skill mumpuni dan mampu bersaing secara global.

Tidak hanya itu, Gunawan mengatakan bahwa AWS juga telah ikut serta dalam program Digital Talent Scholarship yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengembangkan talenta digital, sebagai salah satu upaya dalam percepatan transformasi digital yang sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga: Kalah di Pengadilan, Ternyata Benar Johnny Depp Sering Mukulin Istri

"Nantinya akan ada program lain di mana kami investasi untuk melakukan training ataupun program pelatihan ekosistem lokal," kata Gunawan.

Di samping itu, Gunawan mengungkapkan AWS telah banyak memberikan pelatihan kepada customer di Indonesia, salah satunya dengan memberi kesempatan untuk bergabung dalam program global.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x