Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Kawasan Industri Karawang 

- 15 September 2021, 16:32 WIB
Presiden Jokowi meresmikan pabrik bateri kendaraan listrik di Karawang
Presiden Jokowi meresmikan pabrik bateri kendaraan listrik di Karawang /Instagram/@jokowi

PURWAKARTA NEWS - Presiden Joko Widodo, meresmikan pabrik baterai listrik kendaraan pertama di Asia Tenggara. Pabrik tersebut,di kawasan Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang.

Pabrik ini akan dibangun dengan nilai  investasi sebesar US$ 1,1 miliar dari total nilai investasi mencapai US$ 9,8 miliar. Pabrik tersebut, merupakan gabungan antara PT Industri Baterry Indonesia dan Konsorsium LG asal Korea Selatan. 

"Pabrik baterai kendaraan listrik ini yang pertama di Indonesia. Bahkan, di Asia Tenggara," ujar Jokowi, dalam akun media sosial resminya, Rabu 15 September 2021.

Untuk pembangunan tahap pertama ini, pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi baterai hingga 10 gigawatt hour (GWh). Serta, akan digunakan untuk kendaraan listrik dari Hyundai. 

Baca Juga: LSP Purwakarta Minta DPR Segera Bentuk Pansus RTRW, Ini Alasannya!

Baca Juga: Bupati Purwakarta Libatkan Pramuka dan Kader PKK untuk Percepatan Vaksinasi Covid-19

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Berikut Daftar Harga iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Dengan dibangunnya pabrik ini semakin menambah deretan industri besar di Indonesia. Khususnya Kabupaten Karawang. Mengingat, Karawang menjadi salah satu kabupaten incaran para investor lokal maupun asing dalam mengembangkan sayap bisnisnya.

Hadir dalam acara peletakan batu pertama tersebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Pangdam Siliwangi dan Kapolda Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x