Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 3.000 Meter ke Arah Barat Daya

- 10 Agustus 2021, 11:57 WIB
Gunung Merapi
Gunung Merapi /Antara.com

PURWAKARTA NEWS - Gunung Merapi, kembali meluncurkan awan panas, Selasa 10 Agustus 2021. Gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini, meluncurkan guguran awan panas sejauh 3.000 meter ke arah barat daya.

Dilansir dari Antara, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, mengatakan, luncuran awan panas ini terjadi pada pukul 05.58 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 45 mm dan durasi 214 detik.

"Awan panas guguran itu, memicu hujan abu tipis di sejumlah wilayah di Lereng Gunung Merapi dengan angin mengarah ke ke barat," ujarnya.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPPTKG hingga pukul 08.30 WIB hujan abu tipis itu mengguyur sejumlah desa di Kabupaten Magelang.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Kabupaten Purwakarta Turun Level dari 4 ke Level 3

Baca Juga: Dorong Peningkatan Produktivitas Kementerian Pertanian Beri Bantuan Alsintan Bagi Purwakarta

Baca Juga: Jenazah Seorang Tokoh Agama di Lombok Raib dalam Kain Kafan Saat Akan Dimakamkan

Yakni Desa Sengi, Desa Paten Kecamatan Dukun, Desa Wonolelo, Desa Banyuroto (Kecamatan Sawangan), Desa Tlogorejo, Desa Tirto, Desa Lebak (Kecamatan Grabag), dan Desa Dasih (Kecamatan Pakis).

Awan panas guguran kembali terpantau pada pukul 06.43 WIB, dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah barat daya, amplitudo maksimum 36 meter, serta durasi 161 detik.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah