Keterisian Tempat Tidur Rumah Sakit Covid-19 di Seluruh Indonesia Meningkat!

- 24 Mei 2021, 18:56 WIB
Ilustrasi tenaga medis rumah sakit/Unsplash/Piron Guillaume
Ilustrasi tenaga medis rumah sakit/Unsplash/Piron Guillaume /

PURWAKARTA NEWS - Terjadi kenaikan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit Covid-19 di seluruh provinsi Indonesia usai libur Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Sekretaris Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Azhar Jaya dilansir dari PMJNews, Senin 24 Mei 2021.

Azhar mengungkapkan, terdapat empat provinsi yang rata-rata BOR-nya (Isolasi dan ICU) berada di atas 50 persen. Antara lain, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Sumatra Barat dan Riau.

Baca Juga: Dinkes Diminta Perketat Pengawasan Menyusul Kasus Vaksinasi Covid-19 Ilegal

Adapun, angka itu mendekati ambang batas aman BOR RS yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yaitu sebesar 60 - 80 persen.

"Kalau kita lihat BOR di seluruh Indonesia masih hijau. Namun demikian kalau dilihat lebih dalam ada yang kuning dan merah," tutur Azhar dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional yang ditayangkan di kanal YouTube Pusdalops BNPB.

Azhar pun merinci terdapat beberapa provinsi yang BOR ICU-nya berada di atas 60 persen atau berada di zona kuning.

"Kalau kita breakdown lagi, focusing-nya sedikit berbeda. Untuk posisi tempat tidur intensif (ICU) Riau ini kuning 65 persen," sambungnya.

Baca Juga: Istri Dua Pejabat Purwakarta Nyalon Pilkades, KPK Diminta Awasi Potensi Penyalahgunaan Wewenang

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini