Tidak di Masjid, Menteri Agama pilih Sholat Idul Fitri di Rumah Bersama Keluarga

- 13 Mei 2021, 00:14 WIB
Menteri Agama RI (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Guna menjaga keselamatan bersama dari paparan virus Corona, Pemerintah tak beri dispensasi larangan mudik Lebaran Idul Fitri untuk santri.
Menteri Agama RI (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Guna menjaga keselamatan bersama dari paparan virus Corona, Pemerintah tak beri dispensasi larangan mudik Lebaran Idul Fitri untuk santri. /Twitter.com/@YaqutCQoumas

PURWAKARTA NEWS - Kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memutuskan untuk melaksanakan malam takbiran dan sholat Idul Fitri di rumah.

"Saya juga akan takbiran di rumah bersama keluarga inti, anak-anak dan istri. Kamis pagi, saya akan menjadi imam dan khatib salat Ied di rumah," ujar Menag Yaqut, yang dikutip Purwakarta News dari PMJ News, pada Kamis 13 Mei 2021.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Brimob Polda Aceh Semprot Disinfektan serta Bagi Sembako ke Masyarakat

Ketum GP Ansor ini mengungkapkan, memaknai puasa di masa pandemi Corona sebagai media untuk lebih mempertajam pemahaman umat terhadap inti ajaran agama, yakni soal nilai-nilai kemanusiaan.

"Puasa dan ibadah lainnya yang telah dijalani selama Ramadan dalam suasana pandemi ini semoga meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah sehingga menjadi roh baru bagi kita untuk terus menebarkan kebajikan dan rahmat bagi semesta," katanya.

Baca Juga: Viral di Youtube, 2 Preman Kampung Minta Jatah THR Lebaran 2021 ke Pemilik Toko

"Ketakwaan yang tidak hanya menampilkan dalam kesalehan pribadi, tapi kesalehan sosial dalam rupa kepedulian pada sesama. Ketakwaan yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal dengan kesalehan sosial," ujarnya berharap.

Dia menambahkan, kesalehan sosial yang telah dilakukan semua pihak saat Ramadhan, salah satunya ketaatan menjaga protokol kesehatan (prokes) serta kondusivitas dalam peribadatan.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri dan Bacaanya

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini