Menjawab Tantangan Jaman, Jokowi Minta Perguruan Tinggi Terus Berinovasi

- 13 Maret 2021, 09:30 WIB
Presiden Jokowi minta masyarakat ajukan uji materi ke MK jika ingin menolak UU Cipta Kerja.
Presiden Jokowi minta masyarakat ajukan uji materi ke MK jika ingin menolak UU Cipta Kerja. /Antara

PURWAKARTA NEWS - Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi meminta kepada perguruan tinggi di Indonesia untuk terus melakukan inovasi demi menjawab tantangan jaman.

Menurutnya, dunia saat ini berubah dengan cepat. Maka kreativitas dan inovasi untuk memenangkan kompetensi.

Baca Juga: Nasihat Menang ke Santri, Jika Ingin Jadi Pejabat dan Kiyai Mengajilah

“Kita tidak boleh terjebak dengan cara biasa-biasa saja. Kita tidak boleh disandera oleh rutinitas yang biasa-biasa saja. Cara-cara baru harus terus dikembangkan,” tegas Ayah Wali Kota Solo ini, saat sambutan pada Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis Ke-45 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara virtual, Jumat, 12 Maret 2021 kemarin.

Baca Juga: Panglima TNI Tinjau Vaksinasi COVID-19 Bagi Prajurit di Malang Raya

Dia mengungkapkan, adanya pandemi COVID-19, telah mengajarkan banyak pihak untuk mendobrak cara-cara lama. Hal-hal yang dahulu dianggap tabu sekarang menjadi cara hidup baru. Digitalisasi yang dulu sulit diperkenalkan, sekarang dilakukan oleh semua institusi harus

“Ukuran kinerja pun harus diubah. Cara-cara penganggaran harus diubah. Program-program kerja baru harus diperkenalkan,” jelasnya.

Baca Juga: Boleh Dicoba Bun! Resep Unik Perkedel Kentang Sarden Cocok untuk Teman Makan

Presiden menyadari, bagi para pelaku startup cara-cara baru sudah menjadi landasan kerja sejak awal tetapi bagi institusi yang sudah berusia puluhan tahun seringkali tidak mudah untuk memperkenalkan cara baru tersebut serta melakukan disrupsi terhadap diri sendiri. ***

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini