Tahukah Kamu Hari Ibu 22 Desember Terlahir dari Protes Warga Karena Hari Kartini, Begini Sejarahnya

- 22 Desember 2020, 00:00 WIB
logo hari ibu tahun 2020
logo hari ibu tahun 2020 /

PURWAKARTA NEWS - Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember di setiap tahunnya. Namun, tahukah kamu, kenapa Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember?

Seperti kita ketahui, ibu adalah sosok yang paling berharga bagi kita selaku anaknya. Ibu merupakan sosok pertama yang memberikan kita pengetahuan, mengajarkan kita cara berbicara dan memberikan seluruh hidupnya untuk kebahagiaan anak-anaknya. Lantas benar sekali jika kasih sayang ibu itu tak lekang oleh waktu atau terus-menerus hingga akhir zaman.

Di peringatan Hari Ibu Nasional 22 Desember 2020 ini bisa jadi momen untuk mengungkapkan isi hati kita kepada ibu, meski hari-hari biasapun bisa dilakukan. Sebelum itu, simak dulu sejarah peringatan Hari Ibu Nasional yang selalu dirayakan di tanggal 22 Desember, berikut sejarah nya dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: Pertarungan Singkat Begal Bersenjata Tajam dengan Korban di Bekasi, Korban Tewas Begal Kabur

Baca Juga: Ramalan Zodiak Selasa, 22 Desember 2020: Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces

Berbeda dengan negara lain seperti Amerika dan 75 negara lainnya yang memperingati Hari Ibu atau Mothers Day di pekan kedua bulan Mei, peringatan Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah keputusan Presiden Indonesia (Kepres) No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 tepat pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Awalnya, Hari Ibu ini diperingati sebagai penyemangat para wanita di Indoneisia agar meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Namun, seiring perkembangan zaman, kini arti Hari Ibu telah banyak berubah, di mana Hari Ibu diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 22 Desember 2020: Leo, Virgo, Libra dan Scorpio Soal Asmara, Karir dan Kesehatan

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah