Jokowi Telepon Elon Musk, Tawarkan Indonesia Jadi Lokasi Peluncuran Pesawat Luar Angkasa SpaceX

- 13 Desember 2020, 11:40 WIB
Roket Starship SN8 SpaceX.*
Roket Starship SN8 SpaceX.* //Twitter @SpaceX

PURWAKARTA NEWS - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menawarkan CEO Tesla Elon Musk, Jumat 11 Desember 2020. Dalam percakapan di telepon tersebut, Jokowi tawarkan Musk untuk berinvestasi mobil listrik di Indonesia.

Selain itu Jokowi juga mengajak Musk untuk melirik Indonesia sebagai lokasi bantalan peluncuran (launching pad) SpaceX.

Dalam pembicaraan ditelepon tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: Ahli: Menggigil Bisa Jadi Pertanda COVID-19

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," jelas siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Sabtu 12 Desember 2020.

Keterangan itu juga menyebut Musk menanggapi undangan Jokowi. Rencananya, Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

Baca Juga: Soal Ujian Catut Nama Anies dan Mega, Disdik DKI Berkilah Tidak Maksud Mencemarkan Nama

Sebelumnya, kabar Tesla akan berinvestasi di RI santer terdengar. Dalam kunjungannya ke AS, Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan juga mengajak Tesla untuk berinvestasi baterai lithium di Indonesia.

"Tesla saja datang ke China untuk membeli bahan untuk produksi baterai lithium di AS, sedangkan bahan baku baterai produksi yang dilahirkan di China itu mengambil dari Indonesia. Jadi saya bilang sama Tesla kenapa kalian tidak sama-sama investasi di kita," jelas Luhut beberapa waktu lalu.***

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x