Berikut 20 Kata-kata Bijak Hari Kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara, Penuh Pendidikan dan Pelajaran

- 14 Agustus 2022, 13:00 WIB
Berikut 20 Kata-kata Bijak Hari Kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara, Penuh Pendidikan dan Pelajaran
Berikut 20 Kata-kata Bijak Hari Kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara, Penuh Pendidikan dan Pelajaran /Buku tematik kelas 4 SD tema 7/

PURWAKARTA NEWS - Berikut ini adalah kata-kata bijak hari kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara yang penuh pendidikan dan pelajaran.

Dari kata-kata bijak hari kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara, kita bisa belajar apa arti hari kemerdekaan.

Kita bisa memaknai dan mempelajari kata-kata bijak hari kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara.

Baca Juga: Profil dan Biodata Kartika Putri yang Saat Ini Sedang Hamil Tua

Simak berikut ini kata-kata bijak hari kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara yang penuh pendidikan dan pelajaran.

1."Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu,"

2."Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya,"

Baca Juga: Cuplikan Video Pelatih Vietnam di Kartu Merah Populer di Media Sosial, Netizen Bilang Begini

3."Mempunyai ketetapan, tidak tergoyahkan, berisi dengan berilmu pengetahuan, hingga yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dilakukannya adalah benar dan baik,"

4."Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun,"

5."Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan,"

Baca Juga: Tayang di Netflix! Bukan di Rebahin dan LK21! Inilaha Sinopsis Drama Lovestruck in the City!

6."Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap,"

7."Hormatilah dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat dan sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tidak mengganggu atau menghambat Persatuan Negara dan Bangsa Indonesia,"

8."Dalam berbicara seseorang harus tetap berpikiran jernih, hingga dapat mencetuskan ide-ide unggul dan berakhir dengan kemenangan,"

Baca Juga: Meskipun Sedang Hamil Tua, Kartika Putri Nekat Melakukan Ini!

9."Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat),"

10."Ing ngarso sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani (Di depan, seorang Pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara Murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan arahan),"

11."Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa,"

Baca Juga: Ji Chang Wook sebagai Choi Dae Hyun di Drama Backstreet Rookie bukan dari Rebahin, LK21 atau Indoxxi!

12."Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama,"

13."Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya,"

14."Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat),"

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Persib Bandung vs PSIS Semarang di Liga 1 Pekan 4 Musim 2022/2023

15."Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya,"

16."Janganlah orang mengira bahwa dasar kekeluargaan itu mengizinkan kita melanggar peraturan. Kekeluargaan kita adalah sikap kita pada yang takluk kepada organisasi kita. Barang siapa dengan terang-terangan atau dengan sengaja mengabaikan. Wajiblah kita memandang dia sebagai orang luaran,"

Baca Juga: Yoon Gyeo Rye Menjadi Relawan di Rumah Sakit dalam Drama If You Wish Upon Me! Inilah Sinopsisnya! Rebahin Awas

17."Janganlah orang mengira bahwa dasar kekeluargaan itu mengijinkan kita melanggar peraturan. Kekeluargaan kita adalah sikap kita pada yang takluk kepada organisasi kita. Barang siapa dengan terang-terangan atau dengan sengaja mengabaikan. Wajiblah kita memandang dia sebagai orang luaran,"

18."Kekuatan rakyat itulah jumlah kekuatan tiap-tiap anggota dari rakyat itu. Segala daya upaya untuk menjunjung derajat bangsa tidak akan berhasil kalau tidak dimulai dari bawah. Sebaliknya rakyat yang sudah kuat akan pandai melakukan segala usaha yang perlu atau berguna untuk kemakmuran negeri,"

Baca Juga: Berhasil Juara Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia dapat Bonus dari PSSI, Berapa?

19."Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat),"

20."Hormatilah dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat dan sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tidak mengganggu atau menghambat Persatuan Negara dan Bangsa Indonesia,"

Demikian kata-kata bijak hari kemerdekaan dari Ki Hajar Dewantara yang penuh pendidikan dan pelajaran.***

Baca Juga: Berhasil Juara Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia dapat Bonus dari PSSI, Berapa?

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x