Kemenang: Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Bakal Digelar Pekan Depan

- 6 Mei 2021, 12:56 WIB
Ilustrasi pemantauan hilal. Kemenag umumkan jadwal sidang isbat penetapan Idul Fitri 2021./
Ilustrasi pemantauan hilal. Kemenag umumkan jadwal sidang isbat penetapan Idul Fitri 2021./ /Antara/Irwansyah Putra

PURWAKARTA NEWS - Kementerian Agama (Kemenag) menjadwalkan melakukan Rukyatul Hilal terhadap 88 titik di seluruh Indonesia. Misalnya, khusus di DKI Jakarta, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

Karena masih pandemi Covid-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan (prokes) sehingga tidak semua perwakilan akan hadir secara fisik di Kemenag.

Baca Juga: Puteri Komarudin Ingin Karawang Capai Pembangunan Berkelanjutan

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring," tutur Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dalam siaran pers tertulisnya, Kamis, 26 Mei 2021, dilansir dari PMJ News.

Kamaruddin kembali menuturkan, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting). Baik untuk peserta sidang maupun media. Alasannya, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

Baca Juga: Cegah Pemudik Bandel, Gubernur Jabar: Siapkan 158 Pos dan Aparat Gabungan Bekerja 24 Jam

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung dan live streaming medsos Kemenag," pungkasnya.

Baca Juga: Jadwal Shalat, Buka Puasa dan Imsak Kabupaten Purwakarta, Kamis 6 Mei 2021 atau 24 Ramadan 1442

Sebagai informasi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bakal memimpin sidang Isbat (penetapan) di awal bulan Syawal 1442 Hijriah. Sidang Isbat bakal digelar pada Selasa (11/5/2021) mendatang, bertepatan 29 Ramadhan 1442 H.***

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x