Ini Panduan Terapkan Prokes saat Melaksanakan Sholat Tarawih di Masjid

- 13 April 2021, 11:35 WIB
ilustrasi sholat tarawih
ilustrasi sholat tarawih /SPA/

PURWAKARTA NEWS - Menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat melaksanakan sholat tarawih di masjid menjadi bagian yang sangat penting.

Ketua Divisi Pedoman dan Protokol Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV memberikan panduan untuk orang-orang yang ingin menjalankan shalat tarawih di masjid pada Ramadhan tahun ini.

Dikatakanya, pastikan masjid atau mushola tempat melaksanakan tarawih sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan mengikuti arahan dari pemerintah mengenai ketentuan pelaksanaan tarawih.

Baca Juga: Selama April Pemerintah Fokus Berikan Vaksinasi untuk Lansia

"Seperti jarak shaf dijaga, ceramah tidak terlalu lama hingga sirkulasi udara baik," ujar Eka Ginanjar yang juga Sekjen Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI)​, dilansir dari Antara.

Dokter Eka menjelaskan, pastikan juga tubuh dalam kondisi sehat dan fit bila ingin beribadah di masjid. Jika merasa tidak sehat atau tubuh kurang fit, lebih baik shalat tarawih di rumah.

"Pastikan kita melaksanakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan selalu," katanya.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Timur Tengah, Bisa Disajikan Buat Buka Puasa dan Sahur

Agar tidak repot melepas masker di masjid, sebaiknya berwudhu dari rumah sehingga masker tidak perlu dicopot dan dipakai lagi akibat harus berwudhu di masjid atau mushala. Sebaiknya Anda sama sekali tidak melepas masker di masjid.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini