Kamala Harris Menuju Wakil Presiden Perempuan Pertama di Amerika Serikat

- 7 November 2020, 12:32 WIB
Calon Wakil Presiden AS, Kamala Harris.
Calon Wakil Presiden AS, Kamala Harris. /Instagram/@kamalaharris

Purwakarta News - Calon Presiden dari Partai Demokrat unggul dalam perhitungan suara Pilpres Amerika Serikat (AS). Hingga saat ini perhitungan suara masih terus berlangsung. Di Pilpres AS tahun ini Biden berpasangan dengan Kamala Harris seorang perempuan kulit hitam pertama yang menjadi calon Wakil Presiden Amerika Serikat. Siapakah dia?

Kamala Devi Harris lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964 dari dua orang tua imigran. Ibunya dari India dan ayahnya dari Jamaika.

Baca Juga: Joe Biden Hampir Pasti Terpilih Jadi Presiden ke-46 Amerika Serikat

Orangtuanya bercerai, Harris dibesarkan oleh ibu tunggal beragama Hindu. Ibu nya bernama Shyamala Gopalan Harris adalah peneliti kanker dan aktivis hak-hak sipil.

Dia tumbuh dengan memeluk kebudayaan India. Ia ikut dengan ibunya dalam kunjungan ke India, tetapi Harris mengatakan bahwa ibunya mengadopsi budaya Afrika-Amerika Oakland. Hal yang mempengaruhi kedua putrinya - Kamala dan adik perempuannya Maya.

"Ibu saya mengerti betul bahwa dia membesarkan dua anak perempuan kulit hitam," tulis Kamala Harris dalam otobiografinya The Truths We Hold.

"Dia tahu bahwa tempat di mana dia tinggal Amerika Sakan melihat Maya dan saya sebagai gadis kulit hitam dan dia bertekad untuk memastikan kami akan tumbuh menjadi perempuan kulit hitam yang percaya diri dan bangga dengan diri kami."

Baca Juga: Usai Menyalip di Georgia, Kini Biden Susul Trump di Pennsylvania

Sebagai jaksa senior dan interrogator dalam komite senat, Kamala Harris dikenal memiliki pribadi yang tangguh dan tegas. Dikutip dari situs pribadinya, Kamala Harris terinspirasi ibunya Shyamala yang seorang aktivis, imigran, dan peneliti kanker payudara.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x