Cerita Singkat Dibalik ‘World Lupus Day’ yang Diperingati Setiap 10 Mei

- 8 Mei 2022, 09:44 WIB
Cerita Singkat Dibalik ‘World Lupus Day’ yang Diperingati Setiap 10 Mei
Cerita Singkat Dibalik ‘World Lupus Day’ yang Diperingati Setiap 10 Mei /Freepik.com/freepik

PURWAKARTA NEWS - World Lupus Day atau yang lebih dikenal dengan Hari Lupus Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 10 Mei. Peringatan hari tersebut guna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan penyakit lupus.

Cerita singkat dibalik “World Lupus Day” ini bermula sejak kemunculan penyakit lupus ini yang diperkirakan sudah ada sejak abad pertengahan yaitu abad ke 12. Penyakit ini menyerang sistem imunitas yang dapat berakibat fatal yang disebabkan oleh adanya peradangan.

World Lupus Day atau Hari Lupus Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2004. Hal tersebut bermula dari sebuah komunitas Lupus Kanada yang menghadirkan beberapa stigma mengenai penyakit lupus.

Baca Juga: 8 Quotes Dalam Bahasa Inggris untuk Memperingati Hari Lupus Sedunia

Pada awalnya peringatan Hari Lupus Sedunia ini diselenggarakan oleh komunitas lupus yang berasal dari 13 negara. Komunitas tersebut meminta pemerintah untuk menambah dana penelitian, menyediakan perawatan pasien yang lebih baik, dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai lupus.

Sejak saat itu maka ditentukanlah pada 10 Mei sebagai hari peringatan World Lupus Day atau Hari Lupus Sedunia. Bahkan ada beberapa deretan selebriti dunia yang memberikan kontribusi besar dalam mengkamanyekan hal mengenai lupus ini.

Deretan selebriti tersebut adalah Daniel Radcliffe, Lady Gaga, Ian Harding dan musisi Julian Lennon. Dalam kampanyenya Lennon juga menambahkan pendapatnya seperti sebagai berikut.

Baca Juga: Tempat Wisata di Purwakarta Dikunjungi 170 Wisatawan, Anne Ratna Mustika: Ekonomi Masyarakat di Fase Pemulihan

“Lupus adalah penyakit berpotensi fatal dan pengubah hidup yang membutuhkan lebih banyak pengertian dan dukungan. Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk turut membantu dan melakukan apa yang kita bisa untuk melawan penyakit yang tak terduga dan kerap disalahpahami ini,” ujar Lennon.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x