Khairul Petani Asal Magelang Sukses Jadi Eksportir Ubi Madu

- 13 Maret 2021, 16:08 WIB
Muhammad Khairul Umam
Muhammad Khairul Umam /Tangkap Layar Youtube/Capcapung

PURWAKARTA NEWS - Setelah di PHK dari perusahaan tempat dia bekerja karena dampak pandemi Covid-19, kini Muhammad Khairul Umam, pria asal Dusun Belon, Desa Pangrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Sukses menjadi petani ubi madu yang hasil panenya di ekspor ke berbagai negara.

"Dulu awal terkena pandemi banyak orang di PHK, mungkin mereka sangat setres. Saya pun awalnya setres, tapi kalau kita terlalu lama setres kita engga bakal maju kita engga bakal ada perubahan," ujar Khairul yang dikutif Purwakarta News dari kanal youtube Capcapung, pada Sabtu 13 Maret 2021.

Baca Juga: Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Lamaran

“Bagi saya dunia pertanian itu sangat menarik. Yang pertama, pertanian bisa menyediakan pangan ke seluruh rakyat Indonesia, yang kedua tanaman umbi ini juga bagus. Karena bisa menggantikan bahan pokok seperti nasi,” katanya.

Dia menceritakan, pada awalnya dia belajar dari video YouTube yang ditontonnya Khairul mengetahui bahwa orang Jepang dan orang Korea banyak mengonsumsi ubi. Ia pun kemudian belajar dari temannya yang mengekspor ubi madu. Hal itulah yang membuatnya tertarik untuk mulai menanam ubi madu yang nantinya bisa diekspor ke luar negeri.

Baca Juga: Pemerintah Blokir Aplikasi TikTok

“Awal bertanam saya belajar dari petani-petani di daerah sini, dan saya juga belajar dari sosial media. Karena pengaruh dari media sosial itu kalau kita gunakan secara positif banyak manfaatnya,” paparnya.

Dikatakannya, tanaman ubi madu cenderung terhindar dari hama. Karena keberadaan tanaman itu sebenarnya bisa mematikan tumbuhan lain seperti ilalang dan rumput-rumputan.

Sementara itu untuk masa pemanenannya, ubi madu membutuhkan masa tiga setengah bulan. Hal ini berdasarkan spekta yang ditetapkan Khairul di mana setiap 1 kg ada 3-4 buah ubi madu yang dapat diperoleh.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

x