Ma'ruf Amin Minta Komitmen Buruh dan Perusahaan Diperbarui: Kita Memiliki Visi Besar untuk Indonesia Maju

- 30 September 2022, 19:34 WIB
Ma'ruf Amin Minta Komitmen Buruh dan Perusahaan Diperbarui: Kita Memiliki Visi Besar untuk Indonesia Maju
Ma'ruf Amin Minta Komitmen Buruh dan Perusahaan Diperbarui: Kita Memiliki Visi Besar untuk Indonesia Maju /

PURWAKARTA NEWS - Wapres Indonesia meminta kerja sama terhadap pemerintah, para pengusaha, dan buruh untuk memperbaharui komitmen bersama dalam hadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

Dari pandangan Wapres, selama pandemi Covid-19, dunia kerja global memperlihatkan kerentanan akan disrupsi yang terjadi di bidang sosial-ekonomi, khususnya bagi pekerja migran, pekerja informal, pekerja perempuan, dan pekerja dengan disabilitas.

Hal tersebut menjadikan alasan mengapa pemerintah, pengusaha dan buruh perlu membarui komitmen bersama dalam memantapkan kesiapan pekerja untuk mengatasi dampak krisis dan menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

Baca Juga: Kubu Independen di AS Bikin Partai Baru, Amerika Serikat Kini Miliki Tiga Partai Politik

Wapres mengungkapkan bahwa dunia kerja baru yang menjadikan pekerja sebagai pusatnya menuntut upaya pemulihan yang juga berpusat pada pekerja, yaitu dengan memperhatikan hak, aspirasi buruh dan kebutuhan.

Tak hanya itu, Wapres juga mengungkapkan bahwa sebagaimana rekomendasi ILO, dialog sosial menjadi mekanisme yang paling efisien dalam menyalurkan berbagai saran untuk merumuskan kebijakan dalam merespons tantangan di bidang ketenagakerjaan.

Baca Juga: Cahyo Kumolo Partai Apa? Ini Perjalanan Karir Politik Tjahjo Kumolo Sebelum Jadi Menpan RB

“Hal ini sejalan dengan mandat Deklarasi 100 Tahun Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO,” ungkap Wapres (Wakil Presiden) K.H. Ma'rif Amin saat dirinya menghadiri acara Napak Tilas dan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) di Graha Mahar Agung Tulangan, Jalan Raya Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur pada hari Jumat, 30 September 2022.

“Apalagi saat ini, kita memiliki visi besar untuk mewujudkan Indonesia Maju. Tenaga kerja yang produktif, memiliki kapasitas dan kapabilitas, serta tahan dan adaptif dalam situasi yang terus berubah, tentunya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan visi tersebut,” ujar Wapres.

Halaman:

Editor: Solahudin

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x