Sejarah dan Biografi Mama Sempur Ulama Besar Asal Purwakarta

- 18 September 2022, 19:55 WIB
MAKAM Mama Sempur Plered di Purwakarta.*/
MAKAM Mama Sempur Plered di Purwakarta.*/ //DOK. Pikiran Rakyat

 

PURWAKARTA NEWS - Mama Sempur adalah ulama yang sangat masyhur dari Purwakarta Jawa Barat. Mama Sempur adalah sebutan ulama yang beranama KH Tubagus Ahmad Bakri.

Istilah rama adalah istilah berasal dari bahasa sunda rama yang berarti bapak, sedangkan sempur adalah nama sebuah daerah di Plered Purwakarta.

Di daerah Jawa Barat istilah Mama biasanya dijadikan sebutan untuk seorang Ajengan atau Kiai, sehingga sebutannya menjadi Mama Ajengan atau Mama Kiai.

Baca Juga: Sejarah dan Biografi Ulama Besar Baing Yusuf Asal Purwakarta

KH Tubagus Ahmad Bakri adalah cucu ulama besar dari banten Syekh Tubagus Arsyad al-Bantani seorang Qadhi kesultanan Banten.

Mama sempur putera pertama dari KH Tubagus Sayida dan Umi, yang lahir di daerah Citeko, Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Jawa Barat pada tahun 1259 H atau 1839 M.

Dilihat dari keturunan ayahnya, Mama sempur memiliki silsilah yang sampai kepada Rasulullah SAW, seperti yang ia tulis dalam kitabnya Tanbihul Muftarin.

Baca Juga: Diperingati Setiap 14 September, Berikut Sejarah Singkat Hari Kunjung Perpustakaan

Seperti apa yang dijabarkan di atas Kakek Mama sempur adalah seorang Qadhi dari kesultanan Banten, tapi posisi sebagai qadhi tidak diteruskan oleh ayah Mama Sempur Tubagus Sayida dengan berbagai pertimbangan. Akhirya mama sempur memutuskan hijrah dari banten.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini