Cek Keaslian Uang Baru Rp5 Ribu yang Dikeluarkan Bank Indonesia pada Momentum Hari Kemerdekaan

- 19 Agustus 2022, 16:54 WIB
Cek Keaslian Uang Baru Rp5 Ribu yang Dikeluarkan Bank Indonesia pada Momentum Hari Kemerdekaan
Cek Keaslian Uang Baru Rp5 Ribu yang Dikeluarkan Bank Indonesia pada Momentum Hari Kemerdekaan /Bank Indonesia/

PURWAKARTA NEWS - Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan Bank Indonesia (BI) merilis beberapa buah uang baru, salah satu diantaranya uang pecahan senilai Rp5 ribu.

Dalam uang baru pecahan Rp5 ribu terdapat tiga unsur pengaman untuk menjaga keaslian uang baru tersebut.

Ketiga unsur pengaman uang baru tersebut diantaranya unsur pengaman dilihat, diraba, dan diterawang.

Baca Juga: Penampakan Uang Baru Rp10 Ribu yang Dikeluarkan Bank Indonesia pada Momentum Hari Kemerdekaan

Pada unsur pengaman - dilihat uang baru pecahan Rp5 ribu terdapat benang pengaman seperti dianyam pada uang baru pecahan Rp5 ribu yang akan berubah warna bila dilihat pada sudut pandang tertentu.

Tidak hanya benang pengaman dalam uang baru pecahan Rp5 ribu tersebut terdapat gambar perisai, gambar tersembunyi multi warna, dan gambar tersembunyi yang bertulisan "BI" yang dapat berubah warna dan dilihat dari sudut pandang tertentu.

Pada unsur pengaman - diraba uang baru pecahan Rp5 ribu terdapat hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba dan kode tunanetra (Blind Code) berupa pasangan garis di sisi kanan dan kiri uang yang akan terasa kasar bila diraba (Tactile).

Pada unsur pengaman - diterawang uang baru pecahan Rp5 ribu terdapat Tanda Air (Watermark) berupa gambar pahlawan dan Electrotype (ornamen) pada pecahan uang baru pecahan Rp5 ribu dan Gambar Saling Isi (Rectoverso) dari logo BI yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawang ke arah cahaya.

Selain terdapat unsur pengaman, pada uang baru pecahan Rp5 ribu berwarna dominan cokelat dan mempunyai tampilan bagian depan dan belakang yang menarik.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x