Menelisik Makna dan Sejarah Dibalik Lagu Hari Kemerdekaan Indonesia

- 23 Juli 2022, 21:28 WIB
Menelisik Makna dan Sejarah Dibalik Lagu Hari Kemerdekaan Indonesia
Menelisik Makna dan Sejarah Dibalik Lagu Hari Kemerdekaan Indonesia /Jurnal palopo

PURWAKARTA NEWS - Yuk cari tahu lebih dalam tentang makna dan sejarah dibalik lagu 17 Agustus sebagai lagu wajib untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. 

Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh bangsa Indonesia kompak merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada momen indah seluruh masyarakat menggelar upacara dan mengumandangkan lagu 'hari merdeka'.

Lagu hari merdeka atau lebih dikenal dengan lagu 17 Agustus adalah lagu ciptaan Husein Mutahar. Seorang penggagas Pramuka sekaligus Paskibraka yang lahir di Semarang, 5 Agustus 1916. 

Baca Juga: Pelopor Televisi Pertama di Indonesia, Ini 5 Fakta Menarik TVRI yang Harus Kamu Ketahui

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Bayern vs Man City di Tur Pramusim 2022

Saat pertama kali lagu ini diciptakan, Husein Mutahar merupakan seorang lulusan jurusan Sastra Timur dari Universitas Gadjah Mada di Yogya. Bahkan ia masih menjabat sebagai ajudan presiden Ir. Soekarno. 

Setelah satu tahun Hari Kemerdekaan Indonesia berlangsung, barulah Husein Mutahar dipanggil oleh Ir. Soekarno untuk dibuatkan sebuah lagu penghormatan. 

Menariknya, pada saat situasi genting perang Revolusi yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 1946. Husein Mutahar meminjam alat orkes keratin agar lagu Hari Merdeka tetap bergema.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Microsoft Office 365 Secara Gratis dan Legal Menggunakan E-mail Sekolah

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini