Daftar Makanan Khas Lebaran, Bagaimana Makanan Khas Lebaran di Daerah Kalian?

- 30 April 2022, 15:24 WIB
Daftar Makanan Khas Lebaran, Bagaimana Makanan Khas Lebaran di Daerah Kalian?
Daftar Makanan Khas Lebaran, Bagaimana Makanan Khas Lebaran di Daerah Kalian? /Asian Inspiration

PURWAKARTA NEWS - Hari Raya Idul Fitri atau Hari Lebaran kini tinggal menghitung hari lagi. Berbagai serba serbi lebaran telah disiapkan untuk menyambut momen suci bagi seluruh umat muslim diseluruh penjuru dunia.

Diperkirakan momen lebaran 2022 ini akan jatuh pada tanggal 2 atau 3 Mei 2022. Penentuan tersebut belum diresmikan berdasarkan sidang isbat yang selalu dilakukan oleh pihak kementrian agama Indonesia.

Untuk menyambut momen suci Hari Lebaran ini, seringkali akan ada hidangan khas lebaran yang selalu disajikan di setiap rumah. Apa makanan khas lebaran yang wajib ada di rumahmu?

Baca Juga: Inilah Kumpulan Pantun Hari Pendidikan Nasional 2022

Makanan khas lebaran adalah makanan yang biasanya dibuat pada saat momen lebaran saja. Tentu saja setiap makanan tersebut mengandung filosofi yang mendalam dalam momen lebaran. Berikut adalah daftar makanan khas lebaran yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

1. Ketupat
Siapa yang tidak mengenal ketupat? Yups, makanan yang berbahan dari beras yang ditempatkan pada anyaman yang terbuat dari daun kelapa muda ini, pasti selalu ada ketika momen lebaran tiba.

Rasanya kurang lengkap apabila di momen lebaran ini tidak ditemukan ketupat di meja makan. Ketupat juga menjadi salah satu ikon selama lebaran. Ketupat ini merupakan makanan pengganti nasi.

Baca Juga: Cerita Bahagia Bayu Fiqri Bisa Nikmati Mudik Setelah Penantian Dua Tahun

Bahkan ketupat ini dijadikan sebagai makanan khas daerah lain, seperti dibuat menjadi kupat tahu, kupat gablet, dan lainnya. Kini ketupat tidak hanya dibuat menggunakan anyaman daun kelapa muda saja, melainkan ada juga ketupat yang dibuat dari wadah plastik.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x