BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem Dalam Sepekan di 31 Wilayah Indonesia

- 9 Februari 2022, 09:00 WIB
Peringatan cuaca ekstrem. (Ilustrasi/ Instagram @infobmkg)
Peringatan cuaca ekstrem. (Ilustrasi/ Instagram @infobmkg) /

PURWAKARTA NEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan akan adanya cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan kedepan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Baca Juga: Covid 19 Makin Meningkat, Masyarakat Diimbau Perketat Prokes: Kasus Aktif Capai 56.322 di Jabar

Dilansir dari Instagram @infobmkg, Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) BMKG memantau pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 93S yang terbentuk di sekitar Samudra Hindia sebelah Barat daya Banten atau tepatnya di 13.8°LS 105.5°BT, dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 km/jam) dan tekanan udara minimum di sekitar pusat sistem mencapai 1000 hPa.

Sistem Bibit Siklon 93S bergerak ke arah selatan 'MENJAUHI WILAYAH INDONESIA'. Dalam periode 24 jam kedepan masih berada pada kategori SEDANG untuk menjadi sistem Siklon Tropis.

Suatu kriteria bahwa Bibit Siklon dapat dikatakan meningkat menjadi Siklon Tropis adalah apabila kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot (65 km/jam).

Baca Juga: Bedanya Vidmate Lama dengan Vidmate Terbaru, Berikut Penjelasan Vidmate Download Lagu

Keberadaan Bibit Siklon Tropis 93S tersebut dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Putra Juang

Sumber: Instagram @infobmkg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x