Kemenkes Minta Warga Waspadai Corona Varian Baru

- 14 September 2021, 20:24 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Kemenkes RI

PURWAKARTA NEWS - Kementerian Kesehatan, melansir saat ini sudah terdapat jenis varian baru virus Corona. Jenis baru tersebut, merupakan mutasi dari virus SARS-CoV-2. Virus jenis baru ini harus diwaspadai.

Dilansir dari ANTARA, Selasa 14 September 2021, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, seluruh pihak harus waspada terhadap virus jenis baru ini. Meskipun saat ini, Indonesia sudah berhasil keluar dari wabah gelombang kedua. 

"Kita tahu 98 persen virus COVID-19 yang beredar di negara kita ini adalah varian delta. Tapi tidak menutup kemungkinan munculnya varian-varian baru yang sudah terdeteksi, juga di negara-negara lain," ujarnya.

Nadia membeberkan jenis varian baru yang perlu diwaspadai tersebut, telah masuk ke dalam kategori variant of Interest (VOI). Beberapa varian baru tersebut, yakni  Lambda yang telah dilaporkan oleh sebanyak 42 negara.

Baca Juga: Rating TV 14 September 2021: Love Story The Series Masuk 10 Besar, Naluri Hari Turun, Ikatan Cinta Aman?

Baca Juga: Rumah Warga di Purwakarta yang Telah Selesai Vaksinasi Dipasangi Stiker oleh Petugas

Baca Juga: Sudah Divaksin, BTS Siap Hadiri Sidang Umum PBB 2021 di Amerika

Serta, varian Mu yang juga dilaporkan oleh 49 negara. Lebih lanjut, yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah varian C.1.2 yang sudah mulai dilaporkan terdeteksi di sembilan negara.

Namun, hingga hari ini varian tersebut belum dapat digolongkan, baik dalam kategori variant of interestataupun variant of concern (VOC). Varian baru tersebut, sambungnya, dapat menyerang siapapun. Karena tidak melihat batas usia seseorang ataupun sebuah populasi khusus. Varian tersebut juga sangat rentan dapat menular kepada anak-anak.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini